Senin 25 Sep 2023 11:49 WIB

Daarul Qur'an Jalin Kerjasama Pendidikan dengan Universitas Al-Qasimia 

Kerjasama ini semakin menambah deretan perguruan tinggi di Timur Tengah

Daarul Qur
Foto: iatimewaa
Daarul Qur

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --Daarul Qur'an menjalin kerjasama bidang pendidikan dengan Fakultas Al-Qur'an Universitas Al-Qasimia. Al-Qasimia adalah universitas nasional yang berlokasi di Sharjah, Uni Emirat Arab. Universitas ini didirikan oleh pendiri, presiden dan ketuanya, penguasa Sharjah Sheikh Dr. Sultan Bin Mohammed Al Qasimi.

Penandatanganan kerjasama dilakukan pada Kamis, 21 September 2023 oleh KH. Ahmad Jami, Ph.d selaku Pimpinan Daarul Qur'an Direktorat Pendidikan dan Dr. Abdul Karim Usman Ali selaku Dekan Fakultas Al-Qur'an Universitas Al-Qasimia. Penandatanganan kerjasama ini disaksikan langsung oleh Rektor Al Qasimia, Prof. Dr. Awad Al Khalaf, para Dekan, tamu undangan dari Universitas Islam Internasional Madinah Al Munawwaroh, Dekan Fakultas Al Qur'an Universitas Al Azhar Mesir, Rektor Akademi Mohammad IV Institute For Quranic Reading And Studies Maroko.

Baca Juga

Kerjasama pendidikan ini nantinya akan meliputi beberapa bidang seperti:

1. Kegiatan ilmiah, budaya dan pendidikan 

2. Penulisan dan penerbitan jurnal ilmiah dan seminar.

3. Penyebaran makalah ilmiah dan buku akademik dari para guru dan dosen dari kedua  pihak.

4. Pertukaran guru dan dosen dalam hal pendidikan, pengajaran riset ilmiah dan lajnah tahkim utk majalah ilmiah, dll. 

"Insya Allah dengan kerjasama pendidikan ini jalan kemudahan dan pintu beasiswa bagi para alumni Daarul Qur'an yang ingin melanjutkan studinya ke Universitas Al-Qasimia" ujar Ahmad Jamil. 

Saat ini sudah ada satu alumni Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an yang tengah menempuh studi di Al-Qasimia. Beliau adalah Salsabila Az Zahra, alumni Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an Putri Cikarang yang kini memasuki semester 4. 

Kerjasama ini semakin menambah deretan perguruan tinggi di Timur Tengah yang bisa diakses oleh para alumni Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an. Sebelumnya Daarul Qur'an sendiri telah mengikat kerjasama beasiswa pendidikan dengan sejumlah perguruan tinggi di Arab Saudi, Libia, Sudan, Yaman dan lainnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement