Kamis 16 Nov 2023 16:00 WIB

Semarak Milad Muhammadiyah, PDM Se-Jatim Galang Donasi untuk Palestina

Berbagai kegiatan sudah dilaksanakan PD Muhammadiyah Gresik sejak pekan lalu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yusuf Assidiq
Logo Muhammadiyah.
Foto: Antara
Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Berbagai kegiatan diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Gresik dalam rangka menyemarakkan milad Muhammadiyah ke-111. Wakil Ketua PD Muhammadiyah Gresik, Arfan Muammar, merinci berbagai kegiatan yang dilaksanakan PD Muhammadiyah Gresik sejak pekan lalu.

Misalnya saja pada Sabtu 11 November 2023, PDM Gresik mengikuti pertemuan PDM se-Jawa Timur di gedung Pimpinan Wilayah Muhammad Jawa Timur. Menurut Arfan dalam agenda tersebut, PWM Jatim telah menghimpun dana melalui Lazismu PWM Jatim untuk donasi kemanusiaan di Palestina sebesar Rp 10,3 miliar, dana tersebut dihimpun oleh Lazismu PDM di setiap daerah.

Lazismu PDM Gresik sendiri masuk lima besar perolehan donasi Palestina, yaitu sebesar Rp 616.132.860. “Untuk agenda Milad 111 Muhammadiyah di Gresik, ada beberapa agenda yang menjadi rentetan milad, yaitu MTQ yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pesantren PDM Gresik, Festival Faqih Oesman yang diselenggarakan oleh Majelis Dikdasmen PNF PDM Gresik, juga Tabligh Akbar yang diselenggarakan oleh PCM-PCM di lingkungan PDM Gresik,” kata Arfan kepada Republika, Kamis (16/11/2023).

Ia mengatakan  Tabligh Akbar diselenggarakan oleh PCM Dukun mengundang Prof Abdul Mu'ti (Sekum PP Muhammadiyah) juga peresmian Masjid Al-Aqsha yang diselenggarakan oleh PCM Manyar, yang akan diresmikan oleh Dr Sa'ad Ibrahim.

Selain itu Arfan juga menyebutkan berbagai capaian positif dari berbagai lembaga dan badan otonom menyambut Milad Muhammadiyah ke-111. Di antaranya Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang telah resmi membeli sebuah gedung asrama yang terletak di salah satu kompleks Kota Malang dengan harga Rp 55 miliar.

Nantinya, gedung tersebut akan dijadikan sebuah pondok pesantren muallimin cabang Yogyakarta. "Ponpes ini akan segera diserahkan kepada PWM Jatim sebagai Pondok Pesantren Abdul Malik Fadjar PWM Jatim," jelasnya.

“PWM Jatim telah berhasil membeli lahan untuk pengembangan Rumah Sakit Muhammadiyah (RSM) Premium Jatim, seharga 63 miliar. Lahan itu dibeli dari PT Patma Alumni Global Sejahtera dengan bantuan dana melalui konsorsium Rumah Sakit Muhammadiyah 'Aisyiyah se-Jatim. Pembangunan RSM premium ini menjadi salah satu program prioritas PWM Jatim,” kata dia.

Ditegaskan ketiga hal tersebut yakni donasi Rp 10,3 miliar untuk Palestina, Pondok Pesantren AMF, dan RSM Premium menjadi kado istimewa PWM Jatim pada Milad 111 Muhammadiyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement