Jumat 17 Nov 2023 16:32 WIB
Milad Muhammadiyah

Ketum Muhammadiyah: Capres-Cawapres Harus Punya Komitmen Selamatkan Lingkungan

Haedar mengatakan capres dan cawapres terpilih jangan menyalahgunakan kekuasaan.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir berpose disela wawancara khusus dengan Republika di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (9/11/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir berpose disela wawancara khusus dengan Republika di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (9/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan calon presiden dan calon wakil presiden yang berkontestasi pada Pemilu 2024 harus mempunyai komitmen politik dalam upaya menjaga, menyelamatkan lingkungan, dan sumber daya alam Tanah Air.

"Karena capres-cawapres ini kan nanti salah satunya akan jadi presiden dan wakil presiden terpilih, mereka yang akan menjadi pemimpin resmi di negeri ini sehingga harus menjamin bahwa Tanah Air dengan seluruh kekayaan alam yang ada di darat, laut, dan udara harus menjadi komitmen politik mereka untuk dijaga dan dirawat," kata Haedar Nashir di Yogyakarta, Jumat ((17/11/2023).

Baca Juga

Pernyataan itu disampaikan Haedar usai membuka Forum Global untuk Gerakan Iklim atau "Global Forum for Climate Movement" dengan tema "Promoting Green Culture, Innovation and Cooperation" yang digelar PP Muhammadiyah bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Acara ini digelar dalam rangkaian Milad Muhammadiyah ke-111 sejak tengah pekan ini hingga akhir pekan. Selain acara lingkungan, Muhammadiyah juga menggelar beragam kegiatan seperti konsolidasi nasional, dan puncak milad pada Ahad.

 

"Boleh dibangun, tapi jangan dirusak, karena itu pembangunannya tidak bisa sekehendak untuk kepentingan investasi," katanya.

Haedar mengatakan para capres dan cawapres peserta Pilpres 2024 harus memiliki kesadaran kosmologis di mana politik, ekonomi, budaya, dan kehidupan bernegara itu tidak akan lepas dari ekosistem kehidupan dan pencipta kehidupan, yakni Tuhan.

"Pandangan kosmologis itu memasukkan dimensi Tuhan dan ketuhanan itu di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk ketika mengambil keputusan-keputusan penting yang genting," katanya.

Haedar mengatakan para capres dan cawapres terpilih jangan sampai menyalahgunakan kekuasaan, baik di eksekutif, yudikatif maupun legislatif, dan mengambil keputusan atau kebijakan merusak lingkungan, merusak kehidupan, dan merusak masa depan Indonesia.

"Maka kita ajak para capres dan cawapres punya kesadaran kosmologis tentang pentingnya agama, pentingnya Pancasila, pentingnya budaya luhur bangsa, dan jejak sejarah negeri ini," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement