Jumat 10 Nov 2023 22:48 WIB

Kritik Erdogan: Barat Lantang Bela Korban Charlie Hebdo, Tapi Diam Sikapi Genosida Gaza

Erdogan mengulangi kritiknya terhadap Israel dan Barat.

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengulangi kritiknya terhadap Israel dan Barat
Foto:

Erdogan, seorang pembela setia hak-hak Palestina di komunitas internasional, telah mengadakan pertemuan dan panggilan telepon dengan presiden dan perdana menteri dari 27 negara sejak 7 Oktober, untuk solusi masalah ini dan gencatan senjata yang mendesak. 

Turki percaya "solusi dua negara" dengan negara Palestina yang sepenuhnya independen adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah secara permanen.

Erdogan telah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Israel Isaac Herzog serta Presiden Palestina Mahmoud Abbas. 

Dia juga berbicara dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres, Paus Fransiskus, Presiden Rusia Vladimir Putin, serta aktor regional, dari Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sissi hingga emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al Thani, dan Raja Abdullah II dari Yordania.

Di front Eropa, dia berhubungan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis. Bersama dengan Israel, Turki sangat kritis terhadap dukungan Barat kepada Israel dalam kekejamannya. Tiga hari setelah konflik pecah, Erdogan mengatakan pada konferensi pers bersama dengan Kanselir Austria yang berkunjung Karl Nehammer bahwa tidak adil untuk melihat konflik hanya dalam hal Hamas. 

"Ini bukan hanya masalah Hamas. Ada kematian terus menerus di wilayah ini selama bertahun-tahun. Air dan listrik tidak dipasok ke Gaza. Di mana hak asasi manusia? Menurut Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, Anda tidak dapat memutus air dan listrik,” kata Erdoğan, membanting blokade.

“Bisakah Anda membayangkan keadaan rumah sakit saat ini di Gaza? Apakah mereka berfungsi? Sayangnya, tidak. Tempat ibadah dan rumah sakit dibom tanpa ampun. Tidak ada yang mengatakan apa-apa tentang ini. AS mengirim kapal induk ke Israel. Bisnis apa yang ada di sana? Apa yang akan dilakukan? Kedatangan kapal induk ini mengambil langkah menuju pembantaian serius dengan membom Gaza,” katanya.

Pembantaian serius terjadi seminggu kemudian, dengan Israel melakukan serangan udara di rumah sakit Baptis al-Ahli membunuh ratusan nyawa. Erdogan meminta semua umat manusia untuk mengambil tindakan untuk menghentikan kebiadaban yang belum pernah terjadi sebelumnya ini.

Baca juga: 10 Peluang Pintu Langit Terbuka Lebar, Doa yang Dipanjatkan Insya Allah Dikabulkan

Keesokan harinya, Turki menyatakan berkabung nasional selama tiga hari. Pada bulan Oktober. 20, Erdogan mengulangi seruannya kepada komunitas internasional untuk menghentikan serangan dan mendukung inisiatif untuk gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza. Dia mendesak Israel untuk menghentikan operasinya yang berarti genosida.

Hari demi hari, Erdogan telah menyoroti masalah ini pada setiap kesempatan, dan pada 28 Oktober, dia muncul di hadapan kerumunan besar di Istanbul untuk "Grand Palestine Rally." 

Saat dia menyapa kerumunan yang melambaikan bendera Palestina, Erdogan meratapi pendirian Barat. 

“Dunia Barat telah memobilisasi politisi dan medianya untuk melegitimasi pembantaian anak-anak, wanita dan orang tak berdosa di Gaza. Selama 22 hari penuh, Israel telah secara terang-terangan melakukan kejahatan perang. “Kami akan menyatakan Anda sebagai penjahat perang bagi dunia,” kata Erdogan pada rapat umum itu.

 

Sumber: dailysabah 

photo
Tiga Front Perlawanan Palestina - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement