Jumat 10 Nov 2023 09:30 WIB

Sekjen DMI Apresiasi Pesan Wakapolri Serukan Jaga Persatuan Hadapi Pemilu 2024

Sekjen DMI mendukung terwujudnya Pemilu 2024 yang damai dan aman

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DMI, Imam Addaruqutni. mendukung terwujudnya Pemilu 2024 yang damai dan aman
Foto: Dok. DMI
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DMI, Imam Addaruqutni. mendukung terwujudnya Pemilu 2024 yang damai dan aman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sekretaris Jenderal Dewan Masjid Indonesia (Sekjen DMI), Imam Addaruqutni, mengapresiasi pesan-pesan sejuk yang disampaikan oleh Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto tentang menjaga persatuan dan keharmonisan di Pemilu 2024 mendatang. 

 

Baca Juga

Imam mengungkapkan bahwa apa yang disampaikan Wakapolri tersebut sangat relevan dengan kondisi perpolitikan di Indonesia saat ini. 

 

 

“Dalam konteks pemilu, pesan itu merupakan yang paling relevan karena sentimen politik yang ekstrem dalam masyarakat dapat dengan mudah menyulut konflik hanya karena beda pilihan,” ungkapnya kepada wartawan, Jakarta, Jumat (10/11/2023). 

 

Imam pun mengaku sangat sepakat dan mendukung pesan-pesan yang disampaikan Wakapolri. 

 

“Setuju (dengan pesan Wakapolri). Pesan itu sangat terkait dengan tugas pokok Polri dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujarnya. 

 

Imam mengatakan bahwa DMI sendiri memiliki pesan-pesan yang sejalan dengan Wakapolri dan Polri. Meskipun, menurut Imam, berbeda dalam porsi dan posisinya. 

 

“Seperti perlunya semua pihak, jamaah dan masyarakat menjaga eksistensi tempat-tempat ibadah itu bersifat inklusif. Jauhkan dan sterilkan masjid/mushalla dari atribut-atribut politik baik perorangan, gambar caleg atau partai politik,” katanya. 

 

Seperti diketahui, Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto meminta kepada semua pihak untuk tetap menjaga persatuan dan keharmonisan meskipun berbeda pilihan pada Pemilu 2024 mendatang. 

 

Hal itu diungkapkan Agus di acara silaturahim kebangsaan Polri Presisi untuk Negeri bersama masyarakat Sumatra Selatan (Sumsel) di Palembang, Rabu 8 November 2023 malam. 

 

“Perbedaan dalam pilihan pemilu tahun 2024 jangan menjadi perpecahan, namun keberagaman tersebut menjadi pemersatu dalam lingkup persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Baca juga: Mengapa Malaikat Jibril Disebut Ruh Kudus dalam Alquran?

 

 

Wakapolri  untuk pertama kalinya setelah menjabat melakukan kunjungan kerja ke Kota Palembang, Sumatra Selatan. 

 

Agenda pertama yang dilakukan oleh Komjen Pol Agus Andrianto berdasarkan jadwal akan melakukan silaturahim kebangsaan dengan seluruh unsur pemangku kepentingan  di Sumatra Selatan. 

 

Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan di kawasan komplek Jakabaring Sport Center yakni kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan. Kemudian Wakapolri melanjutkan kunker nya dengan para mahasiswa Universitas Sriwijaya.      

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement