Sabtu 04 Nov 2023 11:29 WIB

Majelis Tarjih PP Muhammadiyah Respons Fatwa IUMS Soal Perang Fisik Lawan Israel  

Perlawanan fisik di Gaza Palestina dinilai perlu persiapan matang

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah
Warga Palestina mencari jenazah dan korban selamat di reruntuhan bangunan tempat tinggal yang rata akibat serangan udara Israel, di kamp pengungsi Khan Younis di Jalur Gaza selatan,  (3/11/2023).
Foto:

Jadi, lanjut dia, kalau itu bagian dari pertempuran bisa saja. Tapi, kalau itu disebut perang menurut Wawan bukanlah sebuah solusi. 

"Itu bukan berarti tidak boleh melawan Israel, harus dilawan, karena berdasarkan hadits yang tadi secara tersirat menggambarkan ada perlawanan bahkan kalau dibaca dalam bahasa ushul fiqih, kalimat itu berita, tapi isinya perintah," kata Wawan. 

Lalu bagaimana masyarakat Muslim Indonesia menyikapi fatwa IUMS tersebut? Wawan menjelaskan, masyarakat Indonesia Muslim juga harus mempersiapkan diri untuk jangka panjang, sehingga kelak bisa menumbangkan Israel. 

"Jadi jangan gregetan gitu ya. Harus mempersiapkan sarana yang bisa menuju pada kemenangan itu, jangan sebaliknya," ujar Wawan.  

Meskipun tidak sepakat dengan fatwa perang fisik, ada satu poin yang Wawan sepakati dari fatwa yang disampaikan IUMS tersebut, yaitu fatwa yang menyerukan persatuan bagi faksi-faksi Islam. 

photo
Tiga Front Perlawanan Palestina - (Republika)

"Satu yang saya setujui dari fatwa yang disampaikan oleh ulama internasional itu yaitu menyatunya faksi-faksi Islam itu dan itu tidak mudah," ucap Wawan.  

Dia menambahkan, semua faksi-faksi Islam harus diajak bersama untuk melawan Israel, termasuk dari Muhammadiyah dan NU di Indonesia. 

"Harus diajak bersama, tidak geregetan seperti yang disampaikan oleh ulama Internasional itu menurut saya. Jadi kesannya itu tidak akademis yang tiba-tiba ngajak perang," kata Wawan.  

Sebelumnya, IUMS mengeluarkan fatwa yang menyerukan intervensi militer oleh negara-negara Arab dan Muslim terhadap Israel dan Gaza. 

Baca juga: Semangka yang Jadi Simbol Perlawanan Rakyat Palestina Disebutkan dalam Alquran?

Persatuan Ulama Muslim Internasional itu menyatakan dukungannya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk Hamas.  

Pada 31 Oktober 2023, IUMS mengeluarkan fatwa yang menyerukan persatuan bagi faksi-faksi perlawanan Palestina di Tepi Barat. Termasuk negara-negara yang berbatasan dengan Israel, seperti Mesir, Yordania, Suriah, dan Lebanon serta seluruh negara Arab dan Muslim lainnya.  

 

"Untuk melakukan intervensi militer guna membantu Hamas melawan Israel. Jihad dan mempertahankan Palestina adalah kewajiban agama," demikian pernyataan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement