Sabtu 04 Nov 2023 06:31 WIB

Hamas Letakkan Bom ke Tank Israel Sambil Lantunkan Surat Yasin Ayat 9, Ini Maknanya

Prajurit Al-Qassam meletakkan bom tepat di atas tank Israel

Tank Israel bergerak di dekat perbatasan Israel Gaza, Israel, Rabu (11/10/2023).
Foto:

Israel mengakui bahwa Hamas sangat siap menghadapi pertempuran darat. Israel mengatakan, ladang ranjau dan jebakan mempersulit akses mereka ke Gaza.

“Ini tentu saja merupakan medan yang lebih banyak ditanami ladang ranjau dan jebakan dibandingkan di masa lalu. Hamas telah belajar dan mempersiapkan diri dengan baik,” ujar Kepala Insinyur Militer Israel, Brigadir Jenderal Iddo Mizrahi kepada Radio Angkatan Darat.

Seorang warga Kota Gaza mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Israel menembaki Gaza sepanjang Rabu (1/11/2023) malam, tetapi tidak dapat menembus batas kota.

"Pada pagi hari, kami (menemukan) pasukan Israel masih berada di luar kota, di pinggiran kota dan itu berarti perlawanan lebih kuat dari yang mereka perkirakan,” kata warga yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Pasukan Israel telah bergerak maju menuju Kota Gaza. Namun menghadapi perlawanan keras dari para pejuang Palestina. Pejuang Hamas dan Jihad Islam Palestina (PIJ) melompat keluar dari terowongan untuk menembaki tank-tank Israel yang masuk, sebelum kembali ke jaringan bawah tanah mereka yang luas.

Pertempuran gaya gerilya ini telah memaksa Israel melakukan perang darat karena berupaya untuk menggulingkan kelompok perlawanan Palestina sepenuhnya. Israel sering menggunakan angkatan udaranya yang kuat untuk menyerang tempat persembunyian Hamas.

Militer Israel pada Kamis (2/11/2023) mengatakan mereka telah kehilangan komandan batalion ke-53 dalam pertempuran tersebut, sehingga jumlah total tentara Israel yang tewas sejak mereka mengintensifkan serangan darat menjadi 18 orang. Letnan Kolonel Salman Habaka, diyakini sebagai perwira Israel paling senior yang terbunuh sejak operasi darat dimulai pada akhir Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement