Selasa 24 Oct 2023 14:02 WIB

Kemenag Jelaskan Konsep Masjid Ramah Lingkungan di Berlin

Kemenag akan kembangkan pemberdayaan masjid.

Ilustrasi meramaikan masjid.
Foto:

"Masjid ramah lingkungan meniscayakan adanya cara pandang dan sikap ekosistem masjid yang menjaga kebersihan, hemat air bersih, pengaturan sanitasi air, anti plastik, manajemen sampah, dan lainnya," kata Adib.

Merujuk pada Sasaran dan Strategi SDGs 6 yaitu air bersih dan sanitasi, kata dia, upaya tersebut perlu diawali dengan edukasi dan menumbuhkan kesadaran publik. Karenanya penggunaan bahasa dan aktor agama, lanjut dia, akan dapat memperkuat promosi dan upaya pencapaian sasaran tersebut.

"Bagi masyarakat Indonesia yang agamis, kalau tokoh agamanya sudah menyerukan zero waste dengan annadhofatu minal iman, misalnya, maka gerakan masjid bersih bisa tereskalasi," katanya. 

Sementara itu Kasubdit Kemasjidan Kemenag Akmal Salim mengaku banyak belajar dari pengalaman peserta lain ihwal rumah ibadah ramah lingkungan ini.

Ia mencontohkan konsep Eco-Synagogue di UK yang mengampanyekan zero emisi karbon di ekosistem rumah ibadahnya. Ada juga komunitas di Eropa dan Afrika yang menekankan penguatan kesadaran perubahan iklim dengan penelitian dan publikasi jurnal.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement