Rabu 18 Oct 2023 00:00 WIB

Kalau Sedang Cemas, Perbanyak Baca 3 Ayat Berikut ini

Rasa cemas akan hilang apabila seseorang memperbanyak dzikir dan doa.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi dzikir tiga ayat terakhir surah al baqarah.
Foto:

Ada beberapa hadis yang menjelaskan tentang keutamaan (fadhilah) membaca akhir surat al-Baqarah ini. Dikutip dari buku Doa-Doa Terbaik Sepanjang Masa karya Ustadz Ahmad Zacky El-Syafa, berikut ini empat keutamaan membaca tiga ayat terakhir Albaqarah.

1. Rasulullah saw memberitahukan bahwa beliau diberi anugerah penutup surat al-Bagarah (ayat-284-286) sebagai gudang (penyimpanan harta) di bawah ‘Arasy (HR Ahmad) 

2. Rasulullah saw menjelaskan bahwa rumah yang tidak dibacakan akhir surat al-Bagarah di dalamnya selama tiga malam, maka syaitan akan mendekatinya. (HR. Tirmidzi).

3. Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya orang yang membaca dua ayat akhir surat al-Baqarah, maka sama halnya ia membaca satu surat penuh surat al-Baqarah." (HR. Bukhari).

4. Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang membaca dua ayat dari akhir surat al-Bagarah, maka cukup baginya (dari hal-hal yang membencikan)." Sebagian pendapat menyatakan, "Sama dengan shalat malam." (HR. Bukhari dan Muslim).

Khasiat Akhir Surat al-Baqarah:

Dua ayat pada akhir surat al-Baqarah ini berkhasiat agar semua keinginan kita dikabulkan oleh Allah. Sebuah hadis riwayat Ibnu Abbas r.a, menyatakan bahwa suatu ketika Jibril berada di sisi Nabi saw tiba-tiba terdengar suara dari atas, maka ia mengangkat kepalanya dan berkata: Ini adalah sebuah pintu di langit.

 

Pada hari pintu ini dibuka, dan turun seorang malaikat memberi salam dan berkata, “Bergembiralah dengan dua cahaya penerangan yang diberikan oleh Allah kepadamu yang belum pernah diberikan kepada seorang Nabi sebelum engkau, yaitu fatihatul kitab dan akhir surat al-Baqarah, tiada engkau baca satu huruf dari padanya, melainkan pasti permintaanmu akan dikabulkan." (HR. Muslim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement