Senin 25 Sep 2023 14:02 WIB

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jelang Kematian Hingga Sebelum Sakaratul Maut

Tubuh manusia memiliki cara bekerja tersendiri menjelang kematian.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ini yang Terjadi pada Tubuh Jelang Kematian Hingga Sebelum Sakaratul Maut
Foto:

Apa yang terjadi dalam 24 jam sebelum kematian?

Seseorang yang hampir meninggal akan menghabiskan sebagian besar waktunya dalam keadaan tertidur. Mereka mungkin tidak dapat berkomunikasi ketika mereka terjaga karena indra mereka mulai melemah. Namun, mereka mungkin masih dapat mendengar, jadi bicaralah kepada mereka secara normal.

Tanda-tanda fisik bahwa kematian sudah dekat meliputi ledakan energi yang tiba-tiba, kulit berbintik-bintik dan bernoda, terutama pada tangan, kaki dan lutut. Tekanan darah menurun, tidak dapat menelan, lebih sedikit air seni, terjadi kegelisahan, sulit bernapas, dan paru-paru tersumbat.

Apa yang terjadi pada jam-jam sebelum kematian?

Pada jam-jam sebelum kematian, kebanyakan orang lemas karena suplai darah ke tubuh mereka semakin menurun. Mereka banyak tidur, nafas mereka menjadi sangat tidak teratur, dan kulit mereka menjadi dingin saat disentuh.

Mereka yang tidak kehilangan kesadaran pada hari-hari sebelum kematian biasanya terjadi pada jam-jam sebelumnya. Kebanyakan orang sangat tenang pada saat menjelang kematian. Meskipun beberapa orang mungkin gelisah, terutama jika mereka merasa sulit bernapas.

Gejala-gejala lain pada jam-jam sebelum kematian meliputi beberapa gejala yang mungkin dialami seseorang. Di antaranya, mata berkaca-kaca, matanya mungkin setengah terbuka, tangan menjadi dingin, denyut nadi lemah, terjadi halusinasi, tertidur lelap, terengah-engah atau periode di mana pernapasan benar-benar berhenti.

Apa yang terjadi ketika seseorang mati?

 

Pada waktunya mati, jantung akan berhenti dan nafas berhenti. Dalam beberapa menit, otak mereka berhenti berfungsi sepenuhnya dan kulit mereka mulai membaik. Pada titik ini, mereka telah meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement