Senin 18 Sep 2023 21:35 WIB

Kedubes Prancis di Wina Dikepung Demonstran Tolak Larangan Abaya di Sekolah

Wanita harus memiliki otonomi untuk memutuskan bagaimana mereka ingin berpakaian.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Demonstran memprotes larangan abaya di sekolah negeri Prancis di depan Kedubes Wina di Prancis, Ahad (17/9/2023).
Foto: Anadolu Agency
Demonstran memprotes larangan abaya di sekolah negeri Prancis di depan Kedubes Wina di Prancis, Ahad (17/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Sekelompok demonstran berkumpul di depan Kedutaan Besar Prancis di Wina, untuk menyuarakan oposisi dalam pertunjukan solidaritas terhadap larangan abaya baru-baru ini di sekolah-sekolah Prancis.

Diorganisasi sebagai protes damai, peserta mengenakan gaun panjang dan mengacungkan spanduk yang dihiasi dengan slogan-slogan seperti "Abaya adalah hak dan identitas kita", "Jangan menilai wanita dari pakaian mereka," dan "Pakaianku, pilihanku."

Baca Juga

Protes tersebut bertujuan mengungkapkan ketidaksetujuan yang kuat dengan keputusan di Prancis yang melarang pemakaian abaya di lembaga pendidikan. Larangan itu, yang dianggap oleh banyak orang sebagai pelanggaran terhadap kebebasan pribadi, telah memicu kemarahan di dalam dan di luar perbatasan Prancis.

Salah satu suara terkemuka pada demonstrasi itu adalah Baraa Bolat, yang telah mengumpulkan banyak pengikut melalui aktivisme media sosial. Bolat berbicara dengan Anadolu untuk memperjelas tujuan di balik protes tersebut.

"Dalam pandangan saya, dan saya percaya banyak orang lain berbagi perspektif yang sama, keputusan ini merendahkan individu. Hal seperti itu seharusnya tidak terjadi,” katanya dilansir dari Anadolu Agency, Ahad (17/9/2023).

"Wanita harus memiliki otonomi untuk memutuskan bagaimana mereka ingin berpakaian. Sama seperti saya dan banyak orang lain di sini, wanita harus bisa memilih apakah akan memakai abaya atau rok pendek. Keputusan ini harus ada pada wanita itu sendiri,” paparnya.

Bolat mengatakan demonstrasi itu untuk menarik perhatian pada masalah yang jarang dibahas dan menggarisbawahi penentangan para pengunjuk rasa terhadap penerapan larangan di Prancis.

“Kami tidak ingin larangan ini menyebar atau diterapkan di Austria atau negara lain. Ini adalah pelanggaran hak asasi manusia. Pemerintah seharusnya tidak mendikte bagaimana orang harus berpakaian. Inilah tepatnya mengapa kami berkumpul di sini, meninggikan suara kami untuk menyatakan, 'Abaya saya, pilihan saya,'" katanya.

Bolat juga menyoroti munculnya Islamofobia yang mengkhawatirkan di banyak negara di seluruh dunia, memilih Prancis untuk kebijakan anti-Islamnya dalam beberapa tahun terakhir.

"Perempuan tidak boleh ditolak akses pendidikan karena keyakinan agama dan pilihan pakaian mereka, baik itu abaya atau jilbab. Keadaan seperti itu jauh dari normal. Kita hidup di abad ke-21 dan praktik-praktik ini seharusnya tidak bertahan," kata Bolat, menambahkan bahwa sangat penting untuk mengakhiri Islamofobia.

Menteri Pendidikan Prancis Gabriel Attal dalam beberapa pekan terakhir mengumumkan siswa yang mengenakan pakaian tradisional tidak akan dapat menghadiri kelas di tahun ajaran baru.

Langkah kontroversial itu memicu reaksi balik terhadap pemerintah yang telah dikritik karena menargetkan Muslim dengan pernyataan dan kebijakan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk penggerebekan di masjid dan yayasan amal, dan undang-undang "anti-separatisme" yang menampar pembatasan luas pada komunitas Muslim.

sumber : https://www.aa.com.tr/en/europe/protest-against-abaya-ban-in-french-schools-takes-place-in-vienna/2993744
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement