Ahad 17 Sep 2023 21:58 WIB

Wisuda Sarjana IIQ, Rektor: Teguhkan Kepekaan Sosial, Sebarkan Islam Moderat

IIQ mewisuda 513 sarjada dengan berbagai latar belakang keilmuan

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Para wisudawan-wisudawati tampak khidmat mengikuti Wisuda Sarjana ke-24, Magister ke-17, Doktor ke-3, dan Dies Natalis ke-46 tahun 2023 IIQ
Foto: Dok Istimewa
Para wisudawan-wisudawati tampak khidmat mengikuti Wisuda Sarjana ke-24, Magister ke-17, Doktor ke-3, dan Dies Natalis ke-46 tahun 2023 IIQ

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN— Rektor Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta, Dr Hj Nadjmatul Faizah, berpesan kepada seluruh wisudawan agar selalu menegakkan akhlak mulia, menyebarkan risalah Islam rahmatan lil ’alamin, memiliki kepekaan sosial yang tinggi, serta terus menyebarkan moderasi beragama. 

Hal tersebut dikatakan Rektor Faizah saat menyampaikan pidato pada upacara wisuda yang digelar di Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Jalan Raya Pondok Cabe, Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Sabtu (16/9/2023).  

Baca Juga

“Kepada para wisudawan/i, saya berpesan agar senantiasa menjaga akhlakul karimah dan menjunjung tinggi nilai-nilai Alquran serta menjaga nama baik almamater IIQ tercinta di mana pun Anda berkiprah. Karena dengan hal tersebutlah kita akan sukses dan berjaya,” ujar Rektor.  

Sebaliknya dengan mengabaikan hal itu, niscaya kita akan gagal dalam perjuangan di masyarakat. Oleh karena itu, menjadi tugas kita bersama untuk selalu menegakkan akhlak mulia, menyebarkan risalah Islam rahmatan lil ’alamin, memiliki kepekaan sosial yang tinggi serta dapat mengetengahkan moderasi beragama.  

“Sehubungan dengan acara ini, perkenankan saya baik atas nama pribadi maupun sivitas akademika IIQ Jakarta dengan penuh kebanggaan mempersembahkan 513 orang wisudawan-wisudawati yang berhasil menamatkan pendidikan mereka IIQ Jakarta,” ujarnya.  

Baca juga: 10 Fakta Adam dan Keluarganya Setelah Berada di Bumi yang Juga Disebutkan dalam Alquran

Pada momen membahagiakan itu, Rektor juga menyampaikan kabar gembira bahwa Program Pascasarjana IIQ memberi beasiswa kepada lulusan terbaik program sarjana S1 dan lulusan terbaik Program Magister untuk melanjutkan studi pada Program Doktor Pascasarjana IIQ Jakarta.  

“Bagi Alumni IIQ Jakarta yang melanjutkan studi di Program Pascasarjana akan dibebaskan uang pangkal,” tegas Rektor Faizah disambut tepuk tangan hadirin.  

Animo masyarakat

Menurut dia, bahwa terjadi peningkatan animo masyarakat untuk belajar di IIQ Jakarta tiap tahunnya. Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) program sarjana IIQ Jakarta tahun akademik 2022/2023, jumlah pendaftar mahasiswa baru adalah 829 orang, Sedangkan jumlah yang dinyatakan lulus adalah 505 orang.  

“Adapun mahasiswa aktif IIQ Jakarta baik sarjana, magister dan doktor saat ini berjumlah 2501 mahasiswa. Hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan dan kesyukuran, karena IIQ Jakarta masih dipercaya oleh masyarakat untuk mendidik putri-putri mereka,” ungkap Faizah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement