Selasa 05 Sep 2023 14:47 WIB

Haedar Apresiasi Peran Anwar Ibrahim Beri Izin Universitas Muhammadiyah di Malaysia

Haedar Nashir bertemu dengan Anwar Ibrahim.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Muhammad Hafil
PM Malaysia Anwar Ibrahim
Foto: Willy Kurniawan/Pool Photo via AP
PM Malaysia Anwar Ibrahim

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Anwar Ibrahim pada Senin (4/9/2023). Haedar menyampaikan terima kasih karena sudah diberikan izin mendirikan perguruan tinggi di Malaysia.

Sebagaimana diketahui, Persyarikatan Muhammadiyah memiliki perguruan tinggi — Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) di Perlis, Malaysia. Haedar tidak memungkiri peran Sri Anwar Ibrahim atas terbitnya izin pendirian UMAM di Malaysia, bahkan dia menyebut peran Dato Sri Anwar Ibrahim atas UMAM sejak sebelum dia menjadi Perdana Menteri Malaysia.

Baca Juga

"Kami juga memohon izin, sesuai regulasi untuk mendirikan sekolah Muhammadiyah di samping TK yang sudah ada di Malaysia atau Kuala Lumpur. Di samping kita mempunyai Muhammadiyah Australia Collage tentu kami juga akan mendirikan sekolah Muhammadiyah di Malaysia," kata Haedar dalam keterangannya.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut PP Muhammadiyah juga menyampaikan dukungan agar meningkatkan mitra di Malaysia. Dia berharap, selain menjalin kerja sama dengan pemerintah, Muhammadiyah juga akan membangun sinergi dengan swasta di negeri Jiran tersebut.

"Termasuk dalam program ekonomi, di mana ini termasuk problem besar umat Islam di Indonesia, Malaysia maupun di negara-negara ASEAN," ucap Haedar.

Menurutnya hal itu sebagai titik awal umat Islam sebagai yang terbaik, dan memberikan kebaikan bagi semesta. 

Haedar berharap ke depan antara Pemerintah Indonesia dengan Malaysia bisa saling mendukung untuk back-up peran dan movement dari kaum muslim Indonesia-Malaysia agar bertumbuh jadi kekuatan elaboratif, kolaboratif dan kohesif. 

"Kita juga perlu menyambung mata rantai gerakan Islam muda modernis, agar Islam Malaysia dan Islam Indonesia terus bersambung untuk memainkan peran muslim muda Indonesia-Malaysia menyambut masa depan bangsa," ucapnya.

Selain itu dalam rangka menyambut KTT ASEAN, Muhammadiyah berharap Indonesia-Malaysia bisa saling menguatkan sinergi dan kolaborasi.  Poros Indonesia-Malaysia diharapkan menjadi kekuata kohesif di Asia Tenggara, dan di tingkat global. Sehingga mendorong pergerakan di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keagamaan sebagai kekuatan penting bagi bangsa-bangsa.

Sebagai negara dengan kekuatan Islam terbesar di dunia, Indonesia dan Malaysia juga diharapkan menjadi kekuatan yang berperan dalam menciptakan persatuan dan perdamaian global. Bersama dengan negara-negara Islam lain seperti Turki, diharapkan negara-negara muslim ini menjadi kekuatan alternatif dan kolaboratif dengan bangsa dan negara lain di tengah perkembangan geopolitik yang kompleks.

"Karena dunia memerlukan sumber nilai agama, dalam hal ini Islam sebagai rahmatan lil alamin sebagai kekuatan yang mendamaikan, mempersatukan, yang memajukan kehidupan. Lebih dari sekadar persaingan politik, ekonomi global. Saya pikir kekuatan paradigma muslim bisa menjadi kekuatan baru," kata Haedar.

Dalam pertemuan tersebut Dato Sri Anwar juga mengenang perjumpaannya dengan tokoh-tokoh muslim Indonesia. Dia juga mengapresiasi gerakan poros kaum muda Indonesia-Malaysia untuk berkolaborasi, dan Muhammadiyah diharapkannya untuk mengambil prakarsa melalui pelatihan dan aktivitas lainnya.

Haedar mengatakan Muhammadiyah  diharapkan menjadi katalisator untuk mengambil prakarsa, menyatukan dan  membangun kolaborasi kaum muda Indonesia dan Malaysia. Untuk peran dunia Islam tentu memerlukan kebersamaan denga negara-negara muslim dan Malaysia memang melakukannya dengan bertahap. 

"Saya pikir memang tidak bisa dengan tergesa-gesa, tetapi perlu sistemik yang berkelanjutan," ungkap Haedar.

Setelah pertemuan ini, akan ditindaklanjuti dengan pertemuan selanjutnya di Kuala Lumpur, Malaysia untuk membahas kolaborasi, kerja sama, dan komunikasi antara Muhammadiyah dengan Malaysia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement