Selasa 29 Aug 2023 21:25 WIB

Unjuk Rasa Pembakaran Alquran di Den Haag Belanda: Api tak Bisa Bakar Matahari Kami

Kasus pembakaran Alquran di Belanda meningkat

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Seorang kontra-demonstran bereaksi di sela-sela demonstrasi oleh pemimpin gerakan anti-Islam Pegida Belanda Edwin Wagensveld, yang merobek salinan Alquran di depan kedutaan Turki, di Den Haag, Belanda, Jumat (18/8/2023). Swedia dan Denmark keduanya mendapat tekanan dalam beberapa pekan terakhir, menyusul pembakaran kitab suci umat Islam, yang memicu ketegangan diplomatik dengan beberapa negara mayoritas Muslim.
Foto: EPA-EFE/RAMON VAN FLYMEN
Seorang kontra-demonstran bereaksi di sela-sela demonstrasi oleh pemimpin gerakan anti-Islam Pegida Belanda Edwin Wagensveld, yang merobek salinan Alquran di depan kedutaan Turki, di Den Haag, Belanda, Jumat (18/8/2023). Swedia dan Denmark keduanya mendapat tekanan dalam beberapa pekan terakhir, menyusul pembakaran kitab suci umat Islam, yang memicu ketegangan diplomatik dengan beberapa negara mayoritas Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAAG — Muslim berpartisipasi pada Sabtu (26/8/2023) dalam protes yang diselenggarakan oleh organisasi Islam di kota Den Haag Belanda di tengah insiden Islamofobia yang sedang berlangsung di seluruh Eropa. 

Para pengunjuk rasa membawa salinan Alquran dan berkumpul di Malieveld Square. Mereka memiliki menbawa spanduk bertuliskan “Alquran  memberi kita cahaya untuk membimbing kita, api tidak bisa membakar Matahari” dan "Aku suka Alquran " saat para demonstran berjalan menuju kedutaan besar Denmark dan Swedia. 

Baca Juga

Para pengunjuk rasa mengkritik pemerintah yang memungkinkan tindakan bermusuhan terhadap Alquran. Mereka berteriak: "Berhenti membakar kitab suci kami," dan "Malu pada pemerintah Denmark dan Swedia!" Demonstran juga membacakan ayat-ayat dari Alquran.  

Dilansir dari Anadolu Agency, Selasa (28/8/2023), seorang psikolog, Serdar Isik, membacakan pernyataan di depan Kedutaan Besar Swedia dan mengatakan serangan terhadap Alquran di Denmark, Swedia dan Belanda sangat menyakiti umat Islam dan merobek Alquran di bawah perlindungan polisi adalah tindakan rasis. 

Isik mengecam Wali Kota Den Haag Jan van Zanen, yang mengizinkan serangan terhadap Alquran. "Itu menyakitkan kita bahwa rasis dan fasis diizinkan untuk menyerang nilai-nilai lebih dari satu juta Muslim di Belanda secara terang-terangan," kata Isik. 

Dia mengatakan para demonstran menuntut pemerintah Belanda menyiapkan RUU yang menekankan perlindungan perdamaian agama dan memastikan koeksistensi damai kelompok dan individu agama dan non-agama. Serangan terhadap Alquran di Swedia, Denmark dan Belanda.  

Rasmus Paludan, seorang politisi sayap kanan Denmark dan pemimpin Partai Stram Kurs (Garis Keras), melanjutkan provokasi dengan membakar Alquran  di kota-kota Swedia Malmo, Norkopin, Jonkoping dan Stockholm selama liburan Paskah pada 2022.

Paludan membakar kitab suci Muslim di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm pada 21 Januari dan di Kopenhagen pada 27 Januari.

Edwin Wagensveld, pemimpin organisasi Islamofobia, gerakan Patriotik Eropa Melawan Islamisasi Barat (PEGIDA) di Belanda, merobek Alquran  dalam demonstrasi satu orang di Den Haag pada 22 Januari, di bawah perlindungan polisi, dan 13 Februari di kota Utrecht.

Kelompok-kelompok Muslim berkumpul di lokasi di mana demonstrasi di Rotterdam direncanakan dan mengadakan demonstrasi balasan karena demonstrasi PEGIDA tidak dilarang meskipun ada pengumuman bahwa anggota kelompok itu akan membakar Alquran.

Wagensveld, yang dibebaskan pada hari yang sama setelah ditahan, ingin melakukan tindakan serupa di Den Haag pada hari berikutnya tetapi polisi menahan Wagensveld dengan alasan bahwa dia tidak mematuhi aturan demonstrasi.

Pada 18 Agustus, Wagensveld merobek Alquran di depan Kedutaan Besar Turki di Den Haag.

Baca juga: Cerita Mantan Menkes Lolos dari Maut, Kamar yang Disiapkan untuknya Ditembaki Israel

Di Stockholm, Salwan Momika membakar Alquran di bawah perlindungan polisi di depan Masjid Stockholm pada 28 Juni, yang bertepatan dengan hari pertama liburan Muslim Idul Adha.

Momika menginjak-injak Alquran dan bendera Irak di bawah perlindungan polisi di depan Kedutaan Besar Irak di Stockholm pada 20 Juli, dan di depan Parlemen Swedia pada 31 Juli dan 14 Juli.

Bahrami Marjan, yang berasal dari Iran, membakar Alquran di pantai Angbybadet di Stockholm pada 3 Agustus di bawah perlindungan polisi.

Momika melakukan serangan terhadap Alquran di depan Kedutaan Besar Iran di Stockholm, sekali lagi di bawah perlindungan polisi. 

 

Sumber: anadolu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement