Senin 28 Aug 2023 04:31 WIB

Forum Pesantren Alumni Galang Dana Bantu Perbaikan Asrama Santri Gontor 8 yang Terbakar 

Forum Pesantren alumni berharap santri dapat terus belajar.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG).
Foto: FPAG
Ilustrasi kegiatan Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) tengah melakukan penggalangan donasi untuk membantu perbaikan asrama santri Pondok Pesantren Gontor 8 di Gampong Meunasah Baro, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar, Aceh, pasca peristiwa kebakaran yang menghanguskan asrama itu pada Rabu (23/8/2023) dini hari. Ketua FPAG, Zulkifli Muhadli, mengatakan bahwa donasi telah dibuka sejak Kamis (24/08/2023) pagi. Donasi itu juga diperuntukan untuk membeli perlengkapan- perlengkapan santri yang habis terbakar api.

"Kami sedang menghimpun, membuka rekening untuk itu, dan kawan-kawan sudah mulai mengirimkan donasinya dengan kemampuan yang berbeda-beda. Ini untuk anggota kita saja yang tergabung dalam pesantren alumni Gontor," kata Zulkifli kepada Republika beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Ia mengatakan sejak dibuka banyak pesantren alumni Gontor dari berbagai daerah langsung memberikan bantuan dari dari Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Zulkifli mengatakan penggalangan dana akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan hingga kondisi asrama putra Pesantren Gontor 8 di Gampong dapat diperbaiki seperti semula.

"Mungkin nanti bantuannya berupa dana saja agar lebih gampang untuk kebutuhan di sana," kata Zulkifli. 

 

Diketahui kebakaran terjadi di Pondok Pesantren Gontor 8 di Gampong Meunasah Baro, Kecamatan Seulimum, Aceh Besar, Aceh, pada Rabu (23/8/2023) dini hari. Api membakar gedung Aligarh yang merupakan gedung asrama putra Ponpes Gontor 8. 

Keterangan wakil pengasuh

Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Gontor 8, Husni Kamil, mengatakan kebakaran berawal setelah terjadi pemadaman listrik pada pukul 02.50 WIB. Tak berselang lama, api berkobar dan melalap gedung asrama putra.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement