Ahad 27 Aug 2023 04:57 WIB

Program Moderat Sejak Dini Perkuat Toleransi

Moderat Sejak Dini akan dikolaborasikan dengan sejumlah pihak.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Madrasah menjadi target program #ModeratSejakDini.
Foto: Antara/Adeng Bustami
Madrasah menjadi target program #ModeratSejakDini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direkrorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) merilis program bertajuk #ModeratSejakDini. Hal ini bertujuan membentuk anak-anak dan remaja dengan pemahaman agama yang moderat, kritis, serta mampu menjalani kehidupan dalam harmoni dengan sesama.

Peluncuran program ini berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Pondok Pinang, Jakarta. Kegiatan tersebut ditandai dengan acara 'Bermain Bersama Moderasi Beragama', Jumat (25/8/2023) kemarin.

Baca Juga

Selain para siswa dan guru, hadir pula di kegiatan tersebut Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Eny Retno Yaqut.

“Program #ModeratSejakDini ini dirancang sebagai respons atas kebutuhan untuk mencegah ekstremisme, intoleransi dan radikalisasi dalam masyarakat," kata Plt. Direktur KSKK Madrasah, Sidik Sisdiyanto, dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Sabtu (26/8/2023).

Dengan fokus pada pendidikan dan pengembangan karakter, program ini disebut menawarkan pendekatan yang holistik. Tujuannya, untuk membentuk individu yang menghargai keberagaman budaya dan agama.

Acara Bermain Bersama Moderasi Beragama diisi dengan sejumlah permainan tradisional. Permainan ini antara lain adalah engklek, bola bekel, serta lompat tali bersama.

Terlihat selama kegiatan para siswa MIN 4 Pondok Pinang bersemangat dan akrab, saat bermain bersama ibu Menteri Agama, Eny Retno Yaqut.

Tidak hanya itu, dalam acara ini juga diperkenalkan permainan baru yang disebut 'Moderat Junior'. Permainan tersebut semacam monopoli, yang isinya sarat dengan nilai-nilai moderasi.

“Program #ModeratSejakDini yang dikemas dalam kegiatan "Bermain Bersama Moderasi Beragama menggabungkan permainan interaktif, cerita inspiratif, dan kegiatan seni kreatif untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan membahagiakan,” lanjut Direktur KSKK Madrasah.

Ia juga menyebut siswa-siswi madrasah diajak untuk menjelajahi makna moderasi melalui cerita, bermain peran, kolase seni, serta banyak kegiatan lainnya.

Sidik menjelaskan, program #ModeratSejakDini ke depan akan dikolaborasikan dengan seluruh stakeholder madrasah. Harapannya, program ini menjadi landasan kuat dalam membentuk generasi masa depan yang menghormati perbedaan, berpikir kritis, serta bersedia bekerja sama untuk mengatasi tantangan global.

Direktorat KSKK Madrasah, lanjut dia, mengundang masyarakat, orang tua, lembaga pendidikan dan pihak terkait, untuk mendukung dan berpartisipasi dalam program ini demi masa depan yang lebih harmonis dan inklusif. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement