Jumat 25 Aug 2023 14:03 WIB

Anjuran Rasulullah untuk Sholat Istisqa Agar Hujan Turun

Rasulullah menganjurkan sholat Istisqa agar turun hujan.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Anjuran Rasulullah untuk Sholat Istisqa agar Hujan Turun. Foto: Warga berdoa usai melaksanakan shalat meminta hujan (istisqa).
Foto: ANTARA FOTO/Rahmad
Anjuran Rasulullah untuk Sholat Istisqa agar Hujan Turun. Foto: Warga berdoa usai melaksanakan shalat meminta hujan (istisqa).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia saat ini dihadapkan pada musim kemarau dan sebagian wilayah mengalami kekeringan. Rasulullah pun menganjurkan bagi umat Islam untuk meminta hujan dengan sholat Istisqa sebagaimana yang disebutkan dalam hadis.

 

Baca Juga

وعن عائشة رضي الله عنها قالت: ( لا الناس إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فحوظ النقلي فأمر يملي موضع لَهُ في المُضل، وَوَهَدَ النَّاسَ يَوْمًا يَرْجُونَ فِيهِ فَخَرَجَ حِينَ بَنَا حَاجِبُ الشَّمْسِ, فَقَعَدَ عَلَى الْمِنْبَرِ، فَكَبَّرَ وَحَمِدَ اللَّهَ ثُمَّ قَالَ: إِنَّكُمْ شَكَوْتُمْ جَدَبَ دِيَارِكُمْ, وَقَدْ أَمَرَكُمْ اللَّهُ أن تَدْعُود وَوَعَدَكُمْ أَن يستجيب لكم ثم قال الحمد لله رب العالمين الرحمن الرحيم ماليات يوم الدين، لا إله إلا الله يفعل ما يريد اللهم أنت الله لا إله إلا أنك أنت العين ونحن الفقراء أُنْزِلْ عَلَيْنَا الْغَيْتَ، وَاجْعَلْ مَا أَنْزَلْتَ قُوَّةً وَبَلَاغًا إِلَى حِينٍ ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ فَلَمْ يَزَلْ حَتَّى رُنِي بَيَاضُ إِبْطَيْهِ، ثُمَّ حَوَّلَ إِلَى النَّاسِ ظَهْرَهُ، وَقَلَبَ رِدَاءَهُ، وَهُوَ رَافِعُ يَدَيْهِ، ثُمَّ أَقْبِلَ عَلَى النَّاسِ وَنَزَلَ، وَصَلَّ والمتين فاننا الله سحابة مرغدته ونرفته ثم أنظرت ) رواه أبو دَاوة وقال الغريب وَإِسْنَادُهُ

وقصة التحويل في الصحيح من حديث عبد الله بن زيد، وليه ( فنوجة إِلَى الْقِبْلَةِ يَدْعُو ثُمَّ

صلى ركعتين جهز فيهما بالقران)

وَلِلدَّارَقُطْنِي مِنْ مُرْسَلِ أَبِي جَعْفَرٍ الْبَاقِرِ: وَحَوَّلَ رِدَاءَهُ؛ لِيَتَحَوَّلَ الْقَحْط

Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anhu Bahwa orang-orang mengadu kepada Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam tentang tidak turunnya hujan. Beliau menyuruh mengambil mimbar dan meletakkannya di tempat sholat, lalu beliau menetapkan hari di mana orang-orang harus keluar.

Beliau keluar ketika mulai tampak sinar matahari. Beliau duduk di atas mimbar, bertakbir dan memuji Allah, kemudian beliau bersabda: "Sesungguhnya kalian telah mengadukan kekeringan negerimu, padahal Allah telah memerintahkan kalian agar berdoa kepada-Nya dan Dia berjanji akan mengabulkan doamu.

Lalu, beliau berdoa, segala puji bagi Allah Tuhan sekalian alam, yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang merajai hari pembalasan, tidak ada Tuhan selain Allah yang melakukan apa yang la kehendaki, ya Allah Engkaulah Allah tidak ada Tuhan. selain Engkau, Engkau Mahakaya dan kami orang-orang fakir, turunkanlah pada kami hujan, dan jadikan apa yang Engkau turunkan sebagai kekuatan dan bekal hingga suatu batas yang lama."

Kemudian beliau mengangkat kedua tangannya terus-menerus hingga tampak warna putih kedua ketiaknya, lalu beliau masih membelakangi orang-orang dan membalikkan selendangnya dan beliau masih mengangkat kedua tangannya. Kemudian beliau menghadap orang-orang dan turun, lalu sholat dua rakaat.

Lalu, Allah mengumpulkan awan, kemudian terjadi guntur dan kilat, lalu turun hujan. Riwayat Abu Dawud. Dia berkata: Hadis ini gharib dan sanadnya baik.

Mengenai kisah membalikkan selendang dalam shahih Bukhari dari hadis Abdullah Ibnu Zaid di dalamnya disebutkan: Lalu beliau menghadap kiblat dan berdoa, kemudian sholat dua rakaat dengan bacaan yang keras. Menurut riwayat Daruquthni dari hadits mursal Abu Ja'far al-Baqir: Beliau membalikkan selendang itu agar musim kemarau berganti (dengan musim hujan).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement