Jumat 18 Aug 2023 20:29 WIB

Tahun Ini, Tujuh Rumah Sehat Baznas akan Beroperasi

Rumah Sehat Baznas melayani pasien kaum dhuafa secara gratis.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Rumah Sehat Baznas Brebes memberi layanan kesehatan gratis untuk warga miskin.
Foto: Baznas
Rumah Sehat Baznas Brebes memberi layanan kesehatan gratis untuk warga miskin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menjalin kerja sama layanan kesehatan Rumah Sehat Baznas dengan PT Taspen (Persero). Nota kesepahaman dari kerja sama tersebut ditandatangani di kantor Baznas RI, Jumat (18/8/2023).

Deputi II Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Imdadun Rahmat, menyampaikan rasa syukur program Rumah Sehat Baznas mendapat dukungan dari PT Taspen. Dia menjelaskan, Rumah Sehat Baznas telah melakukan pelayanan terhadap para pasien kaum dhuafa dengan pelayanan gratis.

Baca Juga

"Rumah Sehat yang eksisting saat ini sudah ada tujuh. Dan tahun ini yang akan segera beroperasi itu ada tambahan tujuh lagi. Jadi dukungan dari berbagai pihak terutama hari ini, Alhamdulillah kita mendapatkan dukungan dari Taspen, itu sangat luar biasa kita harapkan," tuturnya kepada wartawan.

Imdadun mengungkapkan, Baznas membutuhkan lebih banyak layanan dengan bantuan dan dukungan serta kemitraan dengan berbagai pihak. Tentu kerja sama dengan PT Taspen ini akan menambah kapasitas pelayanan Rumah Sehat Baznas, dan juga kualitas pelayanan terhadap para pasien kaum dhuafa.

Rumah Sehat Baznas yang sudah beroperasi saat ini, di antaranya tersebar di daerah Jakarta, Yogyakarta, Sidoarjo, Palu, Sulawesi Selatan, dan Tanjung Pinang. Adapun Rumah Sehat Baznas yang akan beroperasi, lokasinya antara lain di Kendal, Sragen, Banten, Medan, dan Kalimatan Barat.

Imdadun mengatakan, peruntukan dana dari Taspen nantinya bisa disalurkan di mana pun Rumah Sehat Baznas berada. "Itu sangat fleksibel. Mana yang lebih membutuhkan, itulah yang akan kami tasharrufkan. Karena yang dilayani Taspen itu ada di seluruh Indonesia. Mau ditaruh di mana pun tidak ada masalah, karena di sana ada masyarakat yang menjadi targetnya Taspen," terangnya.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Direktur Keuangan PT Taspen (Persero) Rena Latsmi Puri dan Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum. Hadir pula jajaran pimpinan dan deputi Baznas RI serta pimpinan dari PT Taspen.

Rena mengatakan, sejak tahun lalu PT Taspen telah berinisiatif untuk bisa bekerja sama dengan Baznas. "Apalagi yang menjadi isu di kami adalah terkait kesejahteraan dari pensiunan ASN terutama di bidang kesehatan. Dan ternyata sangat bersambut sekali. Karena ternyata di Baznas punya program rumah sehat Baznas," kata dia.

Setelah itu, dia menuturkan, PT Taspen yang memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan, melakukan komunikasi dengan Baznas RI. "Alhamdulillah, ternyata program Rumah Sehat Baznas ini sangat inline dengan program-program yang ada di kami," ujarnya.

Rena berharap, dari apa yang telah dikerjasamakan ini, para peserta pensiunan PT Taspen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, bisa memanfaatkan Rumah Sehat Baznas yang juga ada di berbagai wilayah Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement