Sabtu 19 Aug 2023 21:08 WIB

Tebar Kebaikan, Reuni SMA di Sukabumi Kembali Bangun Masjid

Selain membangun masjid, alumni juga memberikan kadeudeuh kepada guru.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi membangun masjid.
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi membangun masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Momen reuni sekolah di Kota Sukabumi diisi dengan aksi kemanusiaan dengan membangun sarana masjid. Upaya tersebut misalnya dilakukan pada saat reuni alumni SMA Negeri 1 Sukabumi angkatan 2003 pada Sabtu (19/8/2023).

Sebelumnya, reuni alumni SMA Negeri 1 Sukabumi yakni SMUNSA 98 Reuni Perak (Surak) yang digelar di Aula SMAN 1 Sukabumi juga melakukan hal yang sama pada Sabtu (12/8/2023) lalu. '' Kami melanjutkan kebaikan dari senior-senior angkatan 1998 dalam pembangunan Masjid Ar Rahmah Smansa,'' ujar Ketua IKA Smansa angkatan 2023, Rizan Junistiar, di sela-sela reuni 2 dekade Smansa angkatan 2003, Sabtu (19/8/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan bantuan untuk Masjid Ar Rahmah itu sebesar Rp 20 juta. Besaran kontribusi itu berasal dari para alumni Smansa 2003 untuk almamater tempat bersekolahnya dulu.

Selain membangun masjid, alumni juga memberikan kadeudeuh kepada guru yang telah berjasa terhadap para alumni Smansa. Dalam momen ini juga dilakukan kickoff road to silver reunion 2028 yang tiap tahun akan ada dan puncaknya di 2028 di reuni perak.

 

Sebelumnya, para alumuni SMAN 1 Sukabumi juga memberikan donasi dalam pembangunan masjid. '' Alumni memberikan kontribusi kepada sekolah dan Kota Sukabumi,'' ujar Ketua Panitia Reuni Surak, Doni Cahyani.

Salah satu bentuknya dengan membangun atau merehab masjid sekolah Ar Rahmah. Dana yang digunakan membangun masjid ini sebesar Rp 359 juta berasal dari sumbangan dari para alumni.

Menurut Doni, pembangunan masjid ini sebagai bentuk kepedulian alumni pada sarana di sekolah. Khususnya masjid yang jadi sarana penguatan kegiatan keagamaan bagi para murid.

Selain membangun masjid kata Doni, dilakukan aksi kemanusiaan lainnya seperti santunan kepada anak yatim. Acara ini juga dalam memperkuat silaturahmi antar sesama alumni dan mendorong kontribusi kepada masyarakat Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengapresiasi acara Surak dengan tema Hayu Balik dan reuni Smansa 2003. '' Sebuah semangat angkatan 98 dan 2003 mengumpulkan alumni, bersepakat reuni bukan hanya ajang unjuk keberhasilan,'' katanya.

Melainkan terang Fahmi, sebagai ajang silaturahmi untuk menguatkan kebersamaan selama tiga tahun berada di SMAN 1 Sukabumi. Mari sama-sama kuatkan kebersamaan antara satu dengan lainnya dalam memberikan dukungan terbaik.

'' Apresiasi reuni alumni angkatan 98 dan 2003 kontribusi menyelesaikan rehab Masjid Ar Rahmah,'' kata Fahmi. Sehingga memberikan kebermanfaatan kepada sekolah dalam penguatan pembinaan keagamaan kepada pata pelajar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement