Selasa 15 Aug 2023 07:10 WIB

Baznas Salurkan Bantuan untuk 3.000 Anak Yatim dan Dhuafa di Samarinda

Baznas di Samarinda merupakan salah satu lembaga terbaik di Indonesia.

BAZNAS menyalurkan 3.000 bantuan kepada anak yatim dan dhuafa di Masjid Baitul Mutaqin Islamic Center Samarinda, Kalimantan Timur.
Foto: Dok. BAZNAS
BAZNAS menyalurkan 3.000 bantuan kepada anak yatim dan dhuafa di Masjid Baitul Mutaqin Islamic Center Samarinda, Kalimantan Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Samarinda menyalurkan bantunan kepada 3.000 anak yatim piatu dan dhuafa, di Masjid Baitul Mutaqin Islamic Center Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (14/8/2023). Ketua BAZNAS RI Prof Dr KH Noor Achmad mengatakan, menyantuni anak yatim dan dhuafa turut membantu memenuhi kebutuhan dasar mereka seperti makanan, pakaian, pendidikan, dan tempat tinggal. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup mereka yang mungkin kurang beruntung. 

"Inilah yang menjadi tujuan utama BAZNAS sebagai lembaga utama menyejahterakan umat. Dengan memberikan bantuan kepada anak yatim dan dhuafa, kita juga dapat membantu mengurangi beban ekonomi mereka dan memberi mereka akses kepada sumber daya yang mereka butuhkan," kata Noor, mengutip keterangan tertulisnya, Selasa (15/8/2023). 

Baca Juga

Noor turut memberi semangat kepada para anak yatim piatu dan dhuafa dengan inspirasi dari surat Ad Dhuha. "Rasulullah SAW yatim piatu sejak kecil, bahkan ayahnya wafat saat beliau di kandungan. Sang ibu wafat saat Rasulullah balita. Beliau juga miskin, tapi seperti disebut dalam Ad Dhuha, Beliau diberi banyak kenikmatan yang luar biasa," kata Noor. 

Pada acara itu, Noor juga mengapresiasi kinerja dari BAZNAS Samarinda, dalam penyelenggaraan bantuan kepada anak yatim piatu hingga kaum dhuafa.

"BAZNAS Kota Samarinda menjadi salah satu lembaga BAZNAS terbaik di Indonesia. Pengumpulan zakat cukup lumayan, dan progresnya sangat baik," ujarnya.

Apresiasi serupa datang dari Wali Kota Samarinda Andi Harun, yang mengatakan, penyaluran bantuan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat Samarinda, melalui penyaluran zakat, infak, dan sedekah yang dikelola oleh BAZNAS Samarinda. Selain itu, hal ini juga bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada BAZNAS.

"Jika zakat, infak, maupun sedekah bisa dikelola secara rapi, transparan, akuntabel, maka terjadilah potensi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di Kota Tepian. Ini bisa menumbuhkan kepercayaan dan kepatuhan bagi masyarakat setempat, secara rutin bersedekah melalui lembaga BAZNAS, agar bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi kehidupan umat maupun kemanusiaan," ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement