Ahad 13 Aug 2023 13:45 WIB

Madrasah se-Indonesia Berkompetisi di Olimpiade Madrasah Fest

Hampir seribu madrasah se-Indonesia dipertemukan di ajang Madrasah Fest.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi madrasah fest
Foto: Istimewa
Ilustrasi madrasah fest

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Hampir seribu madrasah se-Indonesia dipertemukan di ajang Madrasah Fest 2023 yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) di Hotel Atria Gading Serpong pada 10-12 Agustus 2023. Madrasah Fest adalah olimpiade tahunan bagi siswa madrasah se-Indonesia dalam bidang Alquran, hadis, dan kitab klasik.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan, kompetisi ini adalah wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bidang ilmu keagamaan. Pemerintah perlu  memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

Baca Juga

Ia mengingatkan, Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim menghadapi ancaman paham radikal yang disintegratif. Salah satunya disebabkan masuknya faham agama yang deseptif.

"Acara ini diharapkan menumbuh-kembangkan budaya literasi keagamaan yang lurus dalam suasana kompetisi yang sehat di kalangan siswa madrasah," kata Ramdhani di Tangerang pada Sabtu (12/8/2023)

Gelaran tahun ini diikuti 817 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Para peserta terdiri atas 508 Madrasah Aliyah (MA), 227 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 82 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Terdapat lima mata lomba utama yaitu, Memorizing Holy Qur’an (hafalan Alquran), Explaining Holy Qur’an (pemahaman Alquran), Memorizing Hadith (hafalan hadits), Reading Islamic Turats (membaca kitab klasik), dan Islamic Issues Debate Contest (debat keislaman). Lima kompetisi ini digelar secara daring dan finalnya digelar secara luring.

Di luar itu ada lomba lain yang hanya digelar di venue, yaitu Reciting Holy Qur’an (tilawah Alquran), Voice of Arabic (bahasa Arab), Student Chef (memasak), Calligraphy Fest (seni kaligrafi), dan Creative Design Fest (festival desain).

Untuk lima lomba utama, babak penyisihan digelar secara online pada 24-27 Juli 2023. Selanjutnya, babak final digelar offline mulai Kamis-Sabtu, 10-12 Agustus 2023 bertempat di Hotel Atria Gading Serpong, Tangerang Selatan.

Ramdhani menjelaskan, Madrasah Fest 2023 dilaksanakan dalam rangka membumikan nilai-nilai keagamaan pada siswa madrasah. "Di era digital yang disruptif, Kemenag berupaya menjaga keilmuan keagamaan Islam yang saat ini eksis bersama ilmu sains dan sosial," ujarnya.

Hingga Sabtu (12/8/2023) telah muncul 48 finalis dari lima lomba utama yang akan diumumkan pemenangnya malam nanti. Di antara finalis berasal dari MAN Insan Cendekia Gorontalo, MAN 1 Bandar Lampung, MTs Muallimin Univa Kota Medan, MTs Ma’arif 20 Lampung Tengah, MIS Ma'arif Al Falah Joyokusumo Banjarnegara, dan MI Ihsan Kamboy Kota Kendari.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement