Jumat 11 Aug 2023 19:23 WIB

Sejumlah Negara Timur Tengah Larang Film Barbie karena Konten LGBT+

Kuwait tetap mengumumkan larangan menayangkan Barbie.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Orang-orang menunggu untuk menonton film Barbie di layar bioskop terbesar di Timur Tengah di Roxy Cinemas di Dubai Hills Mall di emirat Teluk Dubai, Uni Emirat Arab, 10 Agustus 2023.
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Orang-orang menunggu untuk menonton film Barbie di layar bioskop terbesar di Timur Tengah di Roxy Cinemas di Dubai Hills Mall di emirat Teluk Dubai, Uni Emirat Arab, 10 Agustus 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIRUT -- Bioskop di beberapa negara Timur Tengah harus menunggu sedikit lebih lama untuk menonton Barbie. Mereka harus mengedit konten-konten dalam film Berbie yang dianggap mengandung unsur LGBT+.

Film yang telah meraup lebih dari 1 miliar dolar AS di seluruh dunia sejak dirilis bulan lalu ini dijadwalkan tayang di bioskop-bioskop regional pada Kamis lalu setelah penundaan selama berminggu-minggu. Terdapat perdebatan mengenai temanya yang mencakup gender, feminisme, dan seksualitas.

Baca Juga

Dilansir dari Financial Times pada Jumat (11/8/2023), pada menit-menit terakhir, Kuwait tetap mengumumkan larangan langsung dengan mengatakan film tersebut mempromosikan gagasan dan keyakinan yang asing bagi masyarakat Kuwait.

Menteri kebudayaan Lebanon juga menuntut pelarangan mengatakan film Barbie bertentangan dengan nilai-nilai agama dan moralitas dan mempromosikan homoseksualitas dan transformasi seksual.

Namun, lembaga sensor Beirut belum memberikan keputusan akhir. Masih terjadi perdebatan sengit di tengah meningkatnya retorika anti-LGBT+ di Lebanon. Ini didorong oleh para pemimpin politik sektariannya yang sering mempersenjatai masalah sosial untuk menggalang dukungan.

Namun, negara-negara Teluk Arab lainnya sejauh ini mengambil langkah yang berbeda. Barbie telah berhasil tayang di layar di bioskop-bioskop di Uni Emirat Arab meski sebelumnya sempat mengalami penundaan. Begitu juga di Arab Saudi, Qatar dan Bahrain, negara-negara yang telah memberikan dorongan ekonomi yang besar pada hiburan dan pariwisata dan memiliki tingkat pekerja asing yang tinggi.

Film yang dibintangi Margot Robbie sebagai Barbie tituler dan Ryan Gosling sebagai mitra Ken, mengikuti pasangan saat mereka menjelajah keluar dari Barbieland terlindung dan ke dunia nyata. Itu tidak termasuk adegan yang bersifat seksual, tetapi pemerannya menampilkan aktor gay dan transgender secara terbuka.

Kesuksesannya telah menjadi dorongan besar bagi industri film, menciptakan momen budaya bagi banyak penggemar yang datang ke pemutaran film. Banyak dari mereka menonton dengan mengenakan pakaian berwarna pink.

Namun, di dunia Arab yang sangat konservatif, di mana homoseksualitas dan bentuk ekspresi gender masih dikriminalisasi di sebagian besar negara, film tersebut telah memicu kemarahan.

Tanggal rilis awal Barbie di seluruh dunia adalah 19 Juli, tetapi ditunda di beberapa bagian Timur Tengah hingga 31 Agustus karena pihak berwenang memperdebatkan penyensoran beberapa kontennya.

Kemudian minggu lalu, Warner Bros, studio di belakang film tersebut, mengatakan bahwa tanggal rilis telah dimajukan menjadi Kamis, mendorong penjualan tiket. Tetapi beberapa grup bioskop di Timur Tengah masih mencantumkan 31 Agustus sebagai tanggal rilis resmi film tersebut, termasuk tempat di Yordania dan Irak, menimbulkan keraguan apakah itu akan ditayangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement