Jumat 11 Aug 2023 07:37 WIB

Doa Mohon Ampunan Bagi Seluruh Muslim Versi Habib Muhammad Al Haddar

Dianjurkan bagi setiap Muslim mendoakan orang terdekatnya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Doa Mohon Ampunan Bagi Seluruh Muslim Versi Habib Muhammad Al Haddar
Foto: Republika.co.id
Doa Mohon Ampunan Bagi Seluruh Muslim Versi Habib Muhammad Al Haddar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dianjurkan bagi setiap Muslim mendoakan orang terdekatnya dan juga mendoakan setiap Muslimin dan Muslimat. Di antara doanya yakni memohon ampunan bagi setiap orang yang terdekat dan juga memohon ampunan bagi setiap Muslimin dan Muslimat.

Salah satu doa memohon ampunan bagi seluruh Muslim yang dapat ditiru adalah doanya Habib Muhammad bin Abdullah Al Haddar. Beliau adalah ulama dari Tarim yang lahir di desa 'Azzah dekat kota Al Bayda di Utara Yaman pada tahun 1340 H (1921 M).

Baca Juga

Berikut doanya yang juga terdapat kitab al khulashoh fi adzkarin wa ad'iyatin waaridatin wa matsuratin yang disusun Habib Umar bin Muhammad bin Salim Al Hafidz.

Doa Mohon Ampunan Bagi Seluruh Muslim

فَقُلْ مَعِي نَسْتَغْفِرُ اللَّهَ مِنْ جَمِيعِ السَّيِّئَاتِ تبْنا إِلَى اللَّهِ مِنَ الذُّنُوبِ وَمِنَ الْعُيُوبِ وَالتَّابِعَاتِ تبْنا إِلَى اللَّهِ مِنْ الْكَلَامِ وَالْحَرَكَاتِ وَالسَّكَنَاتِ ، نَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ عَدَدَ جَمِيعِ الْخَطَرَاتِ فِي كُلِّ خَطِرَةٍ عَدَدَ الْأَشْيَا مَعَ الْمُضَاعَفَاتِ لَنَا وَلِلْأَحْبَابِ وَأَهْلِ الدِّينِ مَاضِيهِمْ وَآتٍ لِمَا عَلِمْنَا أَوْ جَهِلْنَا وَلِجَمِيعِ الْغَفَلَاتِ وَلِحَرَامٍ أَوْ نَدْبٍ أَوْ مُبَاحٍ وَمَكْرُوهٍ وَوَاجِبَاتٍ وَلِكُلٍّ مَايَعَلَمَهُ اللَّهُ مَا ضيَّاتٍ أَوْ مُقْبِلَاتٍ ، نَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ للْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ، يَااللَّهُ بِهَا يَااللَّهُ بِهَا يَااللَّهُ بِحُسْنِ الْخَاتِمَاتِ

Faqul ma'iy nastaghfirullaha min jamiy'is sayyiaati tubna Illallahi minadzunubi waminal'uyuubi wattaabi'aati tubna Illallahi minal kalaami wal harokaati wassakanaati nastaghfirullahal 'adzima 'adada jamiy'il khotoroti fiy kulli khotrotin 'adadal asyyaa ma'al mudho'afaati lana walilahbaabi wa ahlidiyni maa dhiyhim wa aati limaa 'alimna au jahilnaa walijamiy'il ghoflaati waliharoomi au nadbin au mubaahin wamakruuhin wawaa jibaatin walikuli maa ya'lamuhullahu maa dhiyaatin au muqbilaatin nastaghfirullahal 'adzima lilmu miniyna wal mu minati ya Allahu biha ya Allahu biha ya Allahu bihusnil khootimaati.

Artinya: Katakan bersama aku, Kami meminta Allah untuk mengampuni semua perbuatan buruk kami. Kami bertobat kepada Allah atas dosa-dosa kami, kesalahan-kesalahan kami dan akibat-akibatnya. Kami bertobat kepada Allah dari ucapan-ucapan kami, semua perbuatan kami dan diam. Kami memohon kepada Allah, Yang Maha Agung, untuk pengampunan untuk sejumlah angan-angan kami. Dan dengan setiap angan, hingga banyak hal-hal di dalamnya menjadikan banyak menghabiskan waktu. Untuk diri kami sendiri, orang yang kita cintai, dan untuk orang Islam di masa lalu dan hingga sekarang. Karena dosa-dosa yang dilakukan dengan sadar dan tidak sadar, dan untuk semua kelalaian kami. Dari apa yang telah kami lakukan, baik itu perbuatan haram, sunah, mubah, makruh, dan wajib. Dan untuk semua yang Allah tahu, yang akan terungkap di masa lalu dan masa depan. Kami memohon Allah Yang Maha Agung untuk mengampuni orang-orang beriman, Muslimin Muslimat. Ya Allah demi mereka, ya Allah demi mereka, Ya Allah demi mereka kami memohon akhir yang bagus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement