Rabu 02 Aug 2023 19:44 WIB

RS Hasyim Asyari Tebuireng Jombang Gelar Layanan Kesehatan Gratis

RSHA memiliki berbagai pelayanan kesehatan yang lengkap.

Rumah Sakit Hasyim Asy’ari (RSHA) Tebuireng Jombang menggelar aksi sosial berupa layanan kesehatan gratis.
Foto: Dompet Dhuafa
Rumah Sakit Hasyim Asy’ari (RSHA) Tebuireng Jombang menggelar aksi sosial berupa layanan kesehatan gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Rumah Sakit Hasyim Asy’ari (RSHA) Tebuireng Jombang menggelar aksi sosial berupa layanan kesehatan gratis seperti pengobatan dan pengecekan bagi masyarakat, pada Sabtu (29/7/2023), sebagai rangkaian grand launching RSHA.

Kepala Bidang Humas dan Marketing Rumah Sakit Hasyim Asy’ari (RSHA) Popin Rudiatin Meiningsih di sela-sela kegiatannya menuturkan, RSHA dibentuk dari dua lembaga besar yang bernaung di bawah PT Tebuireng Dompet Dhuafa Medika. Lembaga Besar Tebuireng dan Dompet Dhuafa yang bernaung di bawah PT Tebuireng Dompet Dhuafa Medika adalah dua lembaga besar yang membentuk RSHA. Rumah sakit akan beroperasi mulai 2 Februari 2023. Sedangkan, pada 1 Juli 2023 pasien BPJS mulai diterima di RSHA.

Baca Juga

“RSHA melayani pasien umum, pasien BPJS serta pasien asuransi. RSHA mempunyai program andalan untuk pasien dhuafa, yakni program berobat gratis bagi pasien kurang mampu dan tidak mempunyai jaminan layanan kesehatan atau kartu BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang sudah tidak aktif,” ujar Popin, dalam siaran persnya.

Sebagai hal utama dalam menjangkau program pasien dhuafa, RSHA mempunyai tim seleksi untuk memverifikasi calon pasien dhuafa. Calon pasien dhuafa harus mengikuti proses verifikasi, administrasi dan lainnya. Persyaratan administrasinya cukup membawa foto copy KTP, foto copy KK serta surat keterangan tidak mampu dari desa.

photo
Rumah Sakit Hasyim Asy’ari (RSHA) Tebuireng Jombang menggelar aksi sosial berupa layanan kesehatan gratis. - (Dompet Dhuafa)

 

Di sisi lain, RSHA mempunyai berbagai pelayanan rawat jalan diantaranya, poli penyakit dalam, poli kandungan, poli anak, poli jantung, poli ortopedi, poli bedah dan poli gigi. Pelayanan yang menjadi unggulan di RSHA adalah poli jantung dan poli bedah.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang juga sudah memetakan atau rujukan bagi RSHA di beberapa fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) serta Dokter Praktek Perorangan (DPP) yang sudah bekerjasama dengan RSHA, seperti Puskemas Cukir, Puskesmas Brambang dan beberapa klinik lainnya,” kata Popin.

Sementara, dengan berdirinya RSHA yang terletak di Parkir Makam Gus Dur, Cukir Gg 2, Kwaron, Desa Cukir Kecamatan Diwek diharapkan bisa mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar RSHA. Terlebih lagi, RSHA memiliki berbagai pelayanan kesehatan yang lengkap.

“Harapan kami, RSHA bisa menambah daftar Rumah Sakit di Kabupaten Jombang, bisa bermanfaat dibidang kesehatan, membantu masyarakat luas dan membantu masyarakat tidak mampu. Kedepannya, rumah sakit ini bisa terus berjalan dan menjadi semakin lebih baik,” ujar Popin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement