Senin 24 Jul 2023 07:14 WIB

Islamic Center Wadi Mubarak Gelar Wisuda

Wisuda Islamic Center Akbar Wadi Mubarak libatkan siswa dari berbagai tingkat

Wisuda Islamic Center Wadi Mubarak
Foto: dok web
Wisuda Islamic Center Wadi Mubarak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islamic Center Wadi Mubarak menggelar acara Wisuda Akbar dari semua jenjang pendidikan, mulai dari TAUD, MIT sampai dengan jenjang Strata 1. Acara itu bertempat di Graha Pakuan Siliwangi, UNPAK, Bogor Ahad, (23/07) dimulai sejak pukul 07.00 s/d 12.00 WIB.

Wisuda Akbar Wadi Mubarak melibatkan peserta didik dari berbagai tingkat dan program di lingkungan Wadi Mubarak. Baik dari tingkat Tahfizh Anak Usia Dini (TAUD), Madrasah Ibtidaiyah Tahfizh (MIT), SMP/SMA Tahfizh, Program Kaderisasi Muhaffizh (PKM) hingga Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak (STIU-WM).

Baca Juga

Acara wisuda kali ini dihadiri beberapa tamu istimewa, diantaranya: Pimpinan & Pengasuh Islamic Center Wadi Mubarak Bogor, Dr. Didik Hariyanto, Lc., M.P.I., Wakil Ketua MPR Republik Indonesia, H. Ahmad Muzani S.Sos., perwakilan Kopertais Wilayah II Jawa Barat, Prof. Dr. H. Mukhtar Salihin, M. Ag., Ketua Umum Jami’ah Khairukum Tahun 2017-2018, Syaikh Abu Abdurrahman Abdul Aziz.

Sejumlah 212 peserta didik diwisuda pada tahun ini. 130 peserta diantaranya adalah wisudawan yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz secara mutqin. Dan 10 orang telah mendapatkan sanad Al-Qur’an. Oleh karena itu diadakan pula sesi pemberian sanad kepada sepuluh orang tersebut yang diwakili oleh mahasiswa Malik Al-Farizi yang telah menyetorkan hafalannya dengan mutqin berstandar tajwid yang benar dan baik kepada Ustadz Fahmi Zulfikar, S.Ag. dengan riwayat Hafsh ‘An Ashim.

Kecuali tingkat TAUD dan MIT, salah satu syarat mengikuti Wisuda Akbar Wadi Mubarak adalah harus menyelesaikan target hafalan 30 juz dengan bacaan tahsin yang ketat dan lulus ujian akhir yang diadakan oleh Wadi Mubarak.

Untuk mengikuti ujian akhir, santri telah selesai menyetorkan hafalan 30 juz kepada musyrif (pembimbing) serta direkomendasikan oleh pondok masing-masing. Sehingga tidak semua santri pondok cabang dapat mengikuti ujian akhir di Wadi Mubarak.

Hal ini untuk menjaga kualitas hafalan santri agar sesuai dengan standarisasi bacaan Al-Qur’an bersanad yang telah diterapkan oleh Wadi Mubarak sejak awal didirikan. Untuk membuktikan itu, maka diadakan tes hafalan secara langsung oleh para hadirin wisuda kepada beberapa wisudawan dan para pemenang.

Pada wisuda akbar kali ini, wisudawan terbaik dari STIU WM diraih oleh Faldi Navis Suardi dengan Ipk tertinggi yaitu 4.00., Wisudawan terbaik dari TAUD SaQu diraih oleh Ananda Hamzah, wisudawan terbaik dari MIT SaQu diraih oleh Ananda Arina Ulmiana Nur, wisudawan terbaik dari PKM Putra diraih oleh Nur Fahmi Firdaus, dan wisudawati terbaik dari PKM Putri diraih oleh Maryam Hannah Nasution.

“InsyaAllah beberapa alumni yang diwisuda pada hari ini akan berangkat ke negri Jepang untuk merintis Islamic center yang tengah dibangun di negara tersebut. Alhamdulillah, Allah amanahkan kepada Wadi Mubarak untuk mengelola lembaga-lembaga tahfizh di indonesia bahkan sampai luar negri, bahkan rencanya akan dibangun pula islamic center di beberapa negara eropa, seperti Jerman dan sebagainya”, disampaikan oleh Pimpinan dan Pengasuh Islamic Center Wadi Mubarak Bogor, Ustadz Dr. Didik Hariyanto, Lc. M.P.I. dalam sambutannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement