Ahad 13 Aug 2023 04:09 WIB

Mualaf Harus Tahu, Ini 5 Ayat Alquran Bantu Ringankan Semua Kesulitan

Khusus bagi seorang mualaf, hidup bisa menjadi sangat sulit, terutama di awal.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Foto udara Situs Masjid Kuno Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Mualaf Harus Tahu, Ini 5 Ayat Alquran Bantu Ringankan Semua Kesulitan
Foto:

4. Allah Bersama Hamba-Nya

Allah SWT berfirman:

وَهُوَ مَعَكُمْ أَيْنَ مَا كُنتُمْ

Artinya: "Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada." (QS. Al Hadid: 4).

Tidak peduli seberapa buruk keadaannya, ketahuilah bahwa Dia ada bersama Anda, di mana pun Anda berada. Dia mendengarkan Anda, tahu tentang Anda, mendengar apa yang Anda katakan, dan melihat apa yang Anda lakukan. Dia tidak pernah meninggalkanmu, dan tidak akan pernah.

Saat Anda menghadapi tantangan yang menghalangi Anda, mungkin Anda berharap Anda mati dan membuat hal-hal buruk bagi Anda, ketahuilah Allah bersama Anda, di mana pun Anda berada. Dia disana.

5. Allah Menyembuhkan Hamba-Nya

Allah SWT berfirman:

وَكُلًّا نَّقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنۢبَآءِ ٱلرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِۦ فُؤَادَكَ ۚ وَجَآءَكَ فِى هَٰذِهِ ٱلْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: "Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman." (QS. Hud: 120).

Hampir sepertiga dari Alquran adalah cerita. Allah telah menyebutkan 25 nabi dalam Quran dan segelintir orang soleh non-nabi. Dia juga menyebutkan beberapa pelaku kejahatan juga agar kita dapat menghindari jalan mereka.

Lihatlah kisah-kisah Alquran. Di sana Anda akan menemukan preseden untuk apa yang mengganggu Anda. Jika Anda memiliki ayah yang sangat keras dan tidak beriman yang membenci Islam, temukan penghiburan dalam kisah Ibrahim.

Jika Anda menderita penyakit kronis, temukan penghiburan dan bimbingan dalam kisah Ayub. Jika Anda kehilangan seorang anak, atau orang tersayang, temukan balasannya dalam kisah Yakub. Jika Anda telah diperlakukan secara tidak adil, temukan jalan lain dalam kisah Yusuf.

 

Kisah-kisah Alquran mencakup hampir setiap skenario yang mungkin terjadi. Allah menjadikan mereka sebagai petunjuk bagimu, dan dengan ini untuk “meneguhkan hatimu”. Bahkan Nabi Muhammad SAW yang sangat menderita diberi penghiburan melalui kisah-kisah ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement