Kamis 13 Jul 2023 11:36 WIB

Arab Saudi Sambut Baik Resolusi Kebencian Agama PBB

Resolusi tersebut muncul setelah salinan Alquran dibakar di Swedia.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Bendera Arab Saudi. Arab Saudi Sambut Baik Resolusi Kebencian Agama PBB
Foto: Eurosport
Bendera Arab Saudi. Arab Saudi Sambut Baik Resolusi Kebencian Agama PBB

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi menyambut baik persetujuan Dewan Hak Asasi Manusia PBB atas tindakan yang menyerukan negara-negara untuk berbuat lebih banyak guna mencegah kebencian agama pascaperistiwa pembakaran Alquran di Eropa.

Seperti dilansir Arab News, Kamis (13/07/2023), resolusi tersebut muncul setelah salinan Alquran dibakar di Swedia. Dewan HAMP PBB menyerukan negara-negara mengambil langkah mencegah dan menuntut tindakan serta advokasi kebencian agama yang merupakan hasutan untuk melakukan diskriminasi, permusuhan atau kekerasan.

Baca Juga

Pemerintah Arab Saudi mengatakan persetujuan resolusi tersebut merupakan perwujudan dari prinsip-prinsip penghormatan terhadap agama dan budaya serta promosi nilai-nilai kemanusiaan yang dijamin oleh hukum internasional.

Kerajaan Arab Saudi mengindikasikan akan melanjutkan semua upayanya untuk mendukung dialog, toleransi, dan moderasi, dan menolak semua tindakan destruktif yang berupaya menyebarkan kebencian dan ekstremisme.

Sekretaris Jenderal Dewan Kerja Sama Teluk Jassem Albudaiwi juga memuji tindakan tersebut. Dia mengatakan insiden seperti pembakaran Alquran oleh ekstremis di Swedia dan peristiwa serupa, menyoroti kebutuhan mendesak akan resolusi internasional mengatasi tindakan tercela yang mempromosikan kebencian agama dan mendorong kekerasan dan diskriminasi.

Dia menambahkan negara-negara Teluk (GCC) selalu berusaha mempromosikan toleransi dan saling pengertian antara budaya dan agama yang berbeda. GCC menekankan penghormatan terhadap kebebasan berkeyakinan.

Inilah salah satu landasan paling penting dari hak asasi manusia dan hidup berdampingan secara damai dengan cara yang memungkinkan setiap orang mempraktikkan keyakinan secara bebas tanpa diskriminasi. Dia juga menyatakan penolakan GCC terhadap kekerasan atau tindakan apapun yang mempengaruhi agama dan kitab suci.

Pusat Internasional Dialog Antaragama dan Antarbudaya Raja Abdullah bin Abdulaziz (KAICIID) memuji campur tangan Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan, yang ia sampaikan saat sidang darurat Dewan HAM terkait insiden pembakaran Alquran.

“Sementara KAICIID menolak hubungan antara kebebasan berekspresi dan menghina keyakinan, ia menegaskan apa yang terjadi sangat dan serius mengancam upaya yang dilakukan untuk menjaga perdamaian dunia, koeksistensi bangsa, dan akulturasi masyarakat dan peradaban,” organisasi internasional yang berbasis di Portugal pusat dialog mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Ini memperingatkan tentang bahaya dari tindakan tercela seperti itu, yang memicu kebencian dan melepaskan kekerasan, terutama di dunia yang mengerang dari hantaman rasisme dan chauvinisme, dan menderita dari kebangkitan gerakan nasionalis ekstrim.

“Terlepas dari rasa sakit saat ini, KAICIID memperbaharui seruan kepada semua negara dan kelompok, terutama mereka yang ingin mengkonsolidasikan akar harmoni dan perdamaian, untuk melakukan upaya yang lebih kreatif yang mendukung stabilitas,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement