Jumat 30 Jun 2023 02:14 WIB

Apresiasi Masjid Salman, Ridwan Kamil: Pemotongan Hewan Kurban di Sini Jadi Percontohan

Ridwan Kamil kagum dengan Masjid Salman yang menguatkan filantropi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Erdy Nasrul
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang digelar Rumah Amal Salman.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pelaksanaan pemotongan hewan kurban yang digelar Rumah Amal Salman.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau proses pemotongan hewan kurban di Masjid Salman ITB, Jalan Ganeca, Kota Bandung, Kamis (29/6/2023). 

Ridwan Kamil meninjau proses pemotongan hewan tersebut setelah selesai shalat Idul Adha di Masjid Raya Al Jabbar dan menyerahkan kurban sapi simmental 980 kilogram kepada Lurah Cimincrang. 

Baca Juga

Pemotongan hewan kurban di Masjid Salman ITB bisa menjadi percontohan karena prosesnya berjalan dengan baik dan profesional. 

"Yayasan Pembina Masjid Salman ini menjadi percontohan, tidak semua tempat seprofesional ini, sehingga ini bisa jadi contoh masjid-masjid yang punya halaman luas juga melakukan proses prosedur yang hieginis sesuai syariat," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

 

Tak hanya itu, Emil juga mengapresiasi sistem yang dimiliki oleh Masjid Salman terkait penerima daging kurban yang memang tepat sasaran kepada yang membutuhkan. 

Emil menilai, apabila hal itu dilakukan juga oleh masjid lainnya di Jabar maka kemakmuran akan dirasakan seperti halnya Masjid Salman.  

"Sehingga suatu hari masjid-masjid makmur dan yang terpenting juga distribusinya harus tepat sasaran. Itulah kenapa pentingnya big data.  Mereka-mereka yang membutuhkan jauh dari tempat sembelih tetap kita berikan sesuai hak syariat," katanya memaparkan.

Menurut Emil, proses pemotongan hewan kurban di Masjid Salman meningkat dibanding tahun lalu. Hal itu menandakan bahwa ekonomi umat Muslim di Jabar membaik. 

"Idul adha sekarang terjadi peningkatan luar biasa jumlah yang berkurban makin banyak selisih yang berkurban dengan tahun lalu terjadi peningkatan Rp 152 miliar, zakat juga meningkat dari Rp2,4 triliun ke Rp3,7 triliun. Menandakan ekonomi umat (Muslim) sedang luar biasa. Nah diwakili oleh sibuknya Masjid Salman ini menerima kurban dari mereka yang menitipkan," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement