Rabu 28 Jun 2023 21:17 WIB

Kurban Ingatkan Umat tentang Kesabaran Nabi Ibrahim

Kurban merupakan ibadah yang disyariatkan dalam Islam.

Memandikan hewan kurban (Ilustrasi)
Foto: Republika TV/Muhammad Rizki Triyana
Memandikan hewan kurban (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Intan Fauzi mengatakan bahwa ibadah kurban membawa pesan yang mendalam sekaligus sebagai simbol bagi umat Islam untuk memutus mata rantai kerakusan dan kecintaan pada dunia serta hawa nafsu yang tidak terkontrol. Hari Raya Idul Adha juga menjadi pengingat bagaimana menghilangkan egoisme demi kemaslahatan umat.

Kurban menjadi pengingat bagi setiap kaum muslim akan kesabaran Nabi Ibrahim dan Isma’il ‘alaihimas salaam, akan ketaatan pada Allah dan kecintaan pada-Nya lebih dari diri sendiri. Utamanya bersyukur kepada Allah atas nikmat kehidupan yang Allah berikan. 

Baca Juga

Anggota DPR RI Dapil Kota Bekasi dan Depok, Intan Fauzi menyatakan demikian, sejalan dengan datangnya Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah yang ditetapkan pemerintah jatuh pada Kamis 29 Juni 2023. Penetapan ini merupakan hasil hisab dan rukyat yang telah dilaksanakan oleh tim hisab rukyat Kementerian Agama di 99 titik seluruh wilayah Indonesia.

Sementara Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah terlebih dulu menetapkan Hari Raya Iduladha 1444 H jatuh pada Rabu 28 Juni 2023, hari ini. Keputusan ini ditetapkan Muhammadiyah berdasarkan kriteria Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

 

Intan menyampaikan menyembelih hewan kurban merupakan salah satu ibadah yang disyariatkan dalam Islam. Syariat dimaksud adalah kelanjutan dari ajaran yang dibawa oleh Nabi Ibrahim a.s. dan putranya Nabi Ismail a.s.

Intan berharap, kepeduliannya berbagi nikmat dan kebahagiaan di Hari Raya Idul Adha bersama warga Kota Bekasi dan Depok, bisa memberikan manfaat dan membangun kepedulian sesama. Selain itu sebagai bentuk refleksi rasa syukur dirinya kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.

"Semoga Allah SWT memudahkan kita untuk berkurban, menyembuhkan saudara-saudara kita yang sakit, menerima amal ibadah bagi mereka yang telah berpulang, dan bagi kita yang masih hidup diberikan kekuatan, kesehatan dan keimanan untuk senantiasa beribadah kepada Allah SWT," pungkasnya.

Pada Hari Raya Kurban 2023 tahun ini, Intan Fauzi menyumbangkan 12 ekor sapi dan 23 ekor kambing di Dapil Depok dan Kota Bekasi. Sebagaimana tahun tahun sebelumnya, puluhan  hewan kurban ditebar di berbagai kelurahan yang ada di Kota Depok.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement