Kamis 29 Jun 2023 00:35 WIB

Naskah Khutbah Idul Adha 2023: Makna Kurban dan Kemanusiaan

Kurban dilaksanakan sebagai bentuk pengorbanan dan ibadah kepada Allah SWT.

Naskah Khutbah Idul Adha 2023: Makna Kurban dan Kemanusiaan
Foto:

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Ibadah kurban memiliki dasar hukum yang kuat dalam Islam. Hal ini didasarkan pada Al-Qur'an, di mana Allah memerintahkan Nabi Ibrahim AS untuk mengurbankan putranya, Ismail AS, sebagai ujian kepatuhan dan pengabdian.

Namun, sebagai pengganti yang diterima Allah, Nabi Ibrahim AS diberi domba untuk dikurbankan. Kisah ini mencerminkan kesetiaan Nabi Ibrahim AS kepada Allah dan menegaskan pentingnya kurban sebagai ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam.

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ

Artinya: Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu?”

Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu! Insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar.”

Profesor Quraish Shihab dalam kitab Tafsir Al-Misbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Volume 11, halaman 281 mengatakan term “اَرٰى” (saya melihat) , اَذْبَحُكَ (saya menyembelihmu) dan تُؤْمَرُۖ (diperintahkan), dalam gramatika bahasa Arab menggunakan bentuk fiil mudhari yang berarti menunjukkan masa kini dan akan datang.

Ayat ini mengisyaratkan bahwa apa yang Nabi Ibrahim lihat seakan-akan masih terlihat hingga saat penyampaian itu. Sedangkan penggunaan bentuk tersebut untuk kata “menyembelihmu” untuk mengisyaratkan bahwa perintah Allah yang dikandung mimpi ini belum selesai dilaksanakan, tetapi hendaknya segera dilaksanakan.

Karena itu pula jawaban sang anak kata kerja masa kini juga, untuk mengisyaratkan bahwa Nabi Ismail siap untuk melaksanakan perintah Allah yang sedang maupun yang akan ia terimanya. (Profesor Quraish Shihab, Tafsir Al Misbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Volume 11, Ciputat, Penerbit Lentera Hati, 2017, halaman 281).

Makna simbol kurban...

 

sumber : https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-idul-adha-2023-makna-kurban-dan-kemanusiaan-3KkPZ
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement