Kamis 29 Jun 2023 00:35 WIB

Naskah Khutbah Idul Adha 2023: Makna Kurban dan Kemanusiaan

Kurban dilaksanakan sebagai bentuk pengorbanan dan ibadah kepada Allah SWT.

Naskah Khutbah Idul Adha 2023: Makna Kurban dan Kemanusiaan
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Naskah Khutbah Idul Adha 2023: Makna Kurban dan Kemanusiaan

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ustadz Zainuddin Lubis, pegiat kajian tafsir dan hadits, tinggal di Jakarta

Kurban pada saat Idul Adha merupakan ajaran Islam yang tua. Kurban dilaksanakan sebagai bentuk pengorbanan dan ibadah kepada Allah SWT.

Baca Juga

Ritual kurban ini dilakukan dengan menyembelih hewan tertentu, seperti domba, sapi, atau kambing, pada hari raya Idul Adha. Secara simbolis, kurban memiliki makna kemanusiaan yang dalam.

Ritual ini mengajarkan kepada umat Muslim tentang pentingnya sikap pengorbanan dan belas kasih terhadap sesama. Dalam kurban, hewan yang disembelih tidak hanya menjadi simbol pengorbanan bagi manusia kepada Allah, tetapi juga mengandung pesan untuk memperhatikan kebutuhan orang lain.

 

Khutbah I

اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ،ـ الْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ يَـخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَـخْتَارُ، أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ الْوَاحِدُ الْعَزِيْزُ الْغَفَّارُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ إِمَامُ الْمُتَّقِيْنَ وَقُدْوَةُ الْأَبْرَارِ، اللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ، صَلَاةً دَائِمَةً مَّا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا إِخْوَةَ الْإِسْلَامِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ الْقَائِلِ فِي مُحْكَمِ كِتَابِهِ: إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ، فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ، إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَـرُ

BACA JUGA: Jangan Lupa Baca Doa Ini Sebelum Menyembelih Hewan Kurban

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,

Idul Adha, yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, adalah salah satu momen paling penting dalam agama Islam. Pada hari tersebut, umat Muslim di seluruh dunia merayakan pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan menghormati tradisi ibadah kurban.

Kurban adalah ibadah yang dilakukan dengan menyembelih hewan tertentu, seperti sapi, kambing, atau domba, sebagai penghormatan kepada Allah SWT. Ibadah kurban ini dilakukan sebagai tindakan ibadah yang menggambarkan kesediaan dan pengabdian seorang Muslim kepada Allah.

Kurban juga mencerminkan kesadaran dan rasa syukur umat Muslim terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah dalam kehidupan mereka. Sebagaimana firman dalam Q.S Al-Kautsar [108]: ayat 2;

 فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

Artinya: "Maka, laksanakanlah sholat karena Tuhanmu dan berkurbanlah."

Dasar hukum ibadah kurban...

sumber : https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-idul-adha-2023-makna-kurban-dan-kemanusiaan-3KkPZ
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement