Selasa 27 Jun 2023 23:03 WIB

Muhammadiyah Kota Cirebon Siapkan Dua Lokasi Solat Idul Adha Besok

Muhammadiyah memfasilitasi Sholat Idul Adha.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi takbiran Idul Adha warga Muhammadiyah.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi takbiran Idul Adha warga Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Warga Muhammadiyah akan merayakan Lebaran Idul Adha pada Rabu (28/6/2023). Sejumlah lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha pun telah disiapkan, termasuk di Kota Cirebon.

Adapun dua lokasi sholat Idul Adha di Kota Cirebon adalah di Kompleks Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jalan Pilang Raya Nomor 09, Sukapura, Kejaksan, Kota Cirebon. Di tempat itu, yang menjadi khotib adalah M Fahrozi.

Baca Juga

Selain itu, lokasi lainnya adalah STIKes Muhammadiyah Cirebon, Jalan Kalitanjung Timur 14/18A, Harjamukti, Kota Cirebon.

Wakil ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Cirebon, Dien Yani Arief, menjelaskan sholat Idul Adha tahun 2023 akan dilaksanakan pada Rabu (28/6/2023). Dia memperkirakan, jumlah jamaah Sholat Idul Adha di masing-masing lokasi bisa menampung hingga seribu orang jamaah.

‘’Seperti tahun kemarin, pelaksanaan sholat dilakukan pukul 06.00 WIB,’’ kata Dien, Selasa (21/6/2023).

Tak hanya Muhammadiyah, warga manapun yang merayakan Idul Adha esok hari (Rabu) bisa ikut serta bergabung di dua lokasi yang telah disiapkan. 

Ijtihad melaksanakan Idul Adha pada Rabu (28/6) didasarkan pada hisab yang dilakukan ahli falak Muhammadiyah dan sejumlah ormas. Tak hanya itu, ijtihad tersebut juga didasarkan pada waktu wukuf di Arafah yang dilakukan jamaah haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement