Senin 26 Jun 2023 21:17 WIB

Dompet Dhuafa Ingin Sebar 22 Ribu Hewan Kurban

Dompet Dhuafa berkomitmen meramaikan kurban.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Erdy Nasrul
Ketua Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, Dian Mulyadi (kiri),  Peternak Mitra Kurban Dompet Dhuafa Eko Aris Setyawan (kedua kiri), Dokter Hewan Dian Ariesiana Widiastuti (kedua kanan) dan Kepala Ekonom The Indonesia Economic Intelligence Surnarsip (kanan) saat konferensi pers terkait Kurban di Jakarta, Kamis (16/6/2022). Konferensi pers tersebut membahas tentang langkah antisipasi Dompet Dhuafa dalam mengatasi penyebaran wabah PMK menjelang Idul Adha 1443 H. Selain itu, Dompet Dhuafa menggelar program Tebar Hewan Kurban dengan target pendistribusian sebanyak 40.000 hewan kurban ke berbagai wilayah di lokasi 3T (terpencil, tertinggal dan terluar). Republika/Thoudy Badai
Foto:

Selain mempermudah masyarakat berkurban, Dompet Dhuafa juga mengklaim selalu memenuhi standar dan mutu kualitas. Penilaian standar mutu yang digunakan dalam proses pengadaan dan pendistribusian hewan ternak oleh mitra peternak pemberdayaan kurban (PP-Kurban) THK terdiri dari empat parameter yakni bobot hidup, kesehatan dan fisik, pelaksanaan pemotongan, dan tepat sasaran.

Dalam pelaksanaan kurban, Dompet Dhuafa merekrut tim pelaksana pengendalian mutu (quality control) QC memiliki beberapa tugas dalam menjalankan amanahnya sebagai QC. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan dan pelayanan THK mulai dari fase pengadaan sampai pemotongan yang syar’i kepada pekurban maupun masyarakat penerima manfaat.

Tugas seorang QC di antaranya melakukan pemantauan, pengontrolan, dan pengecekan kondisi kesehatan dan bobot calon hewan kurban sebelum hari H berdasarkan pembagian zona wilayah mitra kurban.

Selain itu, melakukan pengecekan dan verifikasi lokasi pendistribusian dan calon penerima manfaat. Mereka juga bertugas melakukan pemantauan proses penyiapan dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Setelah itu, tugas mereka melakukan pelaporan, pendokumentasian, evaluasi, dan rekomendasi.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement