Selasa 20 Jun 2023 18:05 WIB

Keberadaan Gereja Bersejarah Ini Bukti Serangan Atas Gaza Juga akan Lukai Umat Kristen

Gaza juga menjadi rumah bagi para pemeluk Kristen

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Gereja bersejarah di Gaza. Gaza juga menjadi rumah bagi para pemeluk Kristen
Foto: middleeasteye
Gereja bersejarah di Gaza. Gaza juga menjadi rumah bagi para pemeluk Kristen

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM –  Kota Gaza memiliki warisan yang membentang ribuan tahun yang lalu dan diperebutkan oleh kekuatan termasuk Mesir dan Persia. 

Hari ini, mendengar kata "Gaza" yang justru tergambarkan adalah penderitaan masyarakatnya yang tiada ujung di bawah pengepungan Israel dan Mesir selama 16 tahun terakhir.

Baca Juga

Jalur kecil di Pantai Mediterania ini telah menjadi sasaran dalam berbagai kampanye pengeboman Israel dan operasi militer selama beberapa dekade terakhir, dan UNRWA, badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertanggung jawab atas pengungsi Palestina, secara resmi menyebut situasi kemanusiaan di sana sebagai keadaan darurat.

Daerah ini adalah rumah bagi lebih dari dua juta orang, dengan Kota Gaza sendiri memiliki populasi 590 ribu. 

Penduduk ini hidup dalam keadaan ancaman terus-menerus, tidak hanya dari militer Israel tetapi juga dari tekanan yang ditempatkan di wilayah tersebut karena pengepungan, termasuk sumber daya air yang terbatas, fasilitas medis yang buruk, dan pasokan energi yang tidak dapat diandalkan.

Dilansir dari Middle East Eye pada Senin (19/6/2023), terletak di persimpangan Levant dan Mesir, Gaza adalah pusat perdagangan yang penting, serta situs militer yang penting secara strategis.

Pada zaman kuno, itu diperebutkan oleh orang Mesir dan Kanaan, dan dalam waktu yang lebih baru oleh kerajaan Inggris dan Ottoman. 

Penguasanya selama ribuan tahun termasuk Mesir, Makedonia di bawah Alexander Agung, Bizantium, Mamluk Mesir dan Turki Ottoman.

Budaya-budaya ini telah meninggalkan jejak mereka sendiri di Gaza dan telah berkontribusi pada warisan yang masih terlihat sampai sekarang. Serangan zionis Israel terhadap Gaza sebenarnya juga akan merugikan umat Kristiani. Berikut ini lima situs warisan yang tersembunyi di Kota Gaza.

Baca juga: Mengapa Tuyul Bisa Leluasa Masuk Rumah? Ini Beberapa Penyebabnya

 

1. Biara Umm Amer

Biara Kristen Tell Umm Amer terletak di bagian selatan kota Gaza, dan diyakini sebagai tempat kelahiran Saint Hilarion, seorang biarawan Suriah-Palestina abad keempat yang merupakan salah satu pelopor awal monastisisme, atau penarikan diri dari kehidupan duniawi untuk fokus pada kehidupan spiritual.

Selama berabad-abad, biara berfungsi sebagai titik pemberhentian bagi para pelancong di persimpangan antara Mesir, Palestina, Suriah, dan Mesopotamia.

Situs ini terdiri dari dua gereja, situs pemakaman, ruang pembaptisan dan pemakaman umum, serta ruang bawah tanah yang luas. 

Dengan luas sekitar 25 hektare, itu adalah salah satu biara terbesar di wilayah ini, dan situs ini, meskipun dalam reruntuhan, masih digunakan untuk ibadah oleh penduduk setempat.

Badan budaya PBB Unesco menganggap situs tersebut sebagai lokasi "prioritas tinggi" untuk perlindungan dan pelestarian. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement