Sabtu 17 Jun 2023 10:56 WIB

Mengenal Lagu Havenu Shalom Alaichem yang Difatwakan Haram oleh PWNU Jabar

PWNU Jabar haramkan lagu Havenu Shalom Alaichem untuk Muslim.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Mantan Bupati Indramayu Lucky Hakim saat diajak Panji Gumilang mengucapkan salam khas Yahudi Israel,  Havenu Shalom Aleichem di Pesantren Al Zaytun tahun lalu.
Foto:

Pengamat konflik Palestina-Israel sekaligus aktivis kemanusiaan Indonesia di Palestina, Muhammad Husein Gaza dalam kanal resmi YouTube nya pernah secara detil membahas tentang lagu havenu shalom aleichem ketika ajakan Panji Gumilang menyanyikan lagu itu viral di dunia Maya. Menurut Husein lagu itu berisi  salam orang-orang Yahudi dari bahasa Ibrani. Selain dilantunkan di acara peribadatan Yahudi, lagu itu juga  sering diputar di bandara-bandara Israel saat menyambut pemukim ilegal Yahudi ketika akan masuk ke Palestina dalam rangka mengikuti operasi pembantaian di Palestina. 

"Nyanyian kebangsaan Yahudi di Masjid, ini bagi saya sudah melampaui level penistaan, ini ngeri banget. Ini gila banget. Ini harus ditindak dan diusut," katanya.

Pemerhati agama Semit Etika Noor juga menjelaskan bahwa penganut agama Yahudi menggunakan kalimat tersebut untuk mengucapkan salam dalam bahasa Ibrani.  Lagu itu miliki penganut Yahudi sebagai lagu pujian untuk Tuhannya.

Lagu ini kemudian diadopsi oleh agama lain seperti Kristen untuk memuji kelahiran Yesus. Lagu ini juga digunakan sebagai lagu rohani mereka baik dengan bahasa ibrani maupun diterjemahkan.

Shalom Aleichem juga lazim digunakan oleh pemeluk Kristen Orthodox Timur Tengah, khususnya komunitas di daerah Israel, Palestina, Suriah, Libanon, Yordania, Turki, Mesir, Maroko dan Russia, bahkan di seluruh dunia. Salam ini juga digunakan sebagai ucapan salam ketika beribadah, memulai khotbah dan salam kepada rekan dan sesama.

Havenu Shalom Alaechim memiliki makna saya doakan kesuksesan dan damai sejahtera ada pada diri Anda. Ketika seseorang mengucapkan dan menyanyikan "shalom aleichem", maka orang yang mendengannya menjawab "shalom aleichem". Istilah shalom alechem (atau sholom aleichem) merupakan bahasa Ibrani שלום עליכם shālôm ʻalêḵem; bahasa Yiddish שלום־עליכם şolem aleyxem. Kata itu merupakan sebuah salam dalam bahasa Ibrani, yang berarti "semoga damai menyertaimu".

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement