Jumat 16 Jun 2023 04:34 WIB

Kemenag Sulut Ajak Orang Tua Tanamkan Sikap Moderat dalam Keluarga

Sikap moderat agar gemerasi penerus bangsa mampu saling memahami dan menghargai.

Ilustrasi keluarga.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Ilustrasi keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan pembinaan kepada pasangan suami istri (pasutri) Kristen di Kabupaten Minahasa Utara dengan menanamkan karakter yang moderat.

Kepala Kanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe, di Airmadidi, mengatakan, orang tua dan keluarga harus bersikap moderat dan mampu menanamkan karakter moderat pada diri anak-anak sebagai generasi masa depan Indonesia yang gemilang. Mantan Kepala Kanwil Kemenag Maluku Utara ini menekankan pentingnya sikap moderat agar sebagai generasi emas penerus bangsa mampu saling memahami dan menghargai.

Baca Juga

Selain itu, juga agar mereka dapat menerima perbedaan sebagai kekuatan untuk menjaga eksistensi Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk, terutama menegakkan nilai-nilai kesetaraan, keadilan, dan kemanusiaan. "Dengan karakter moderat, anak-anak disiapkan sejak dini untuk menjadi manusia unggul yang mencintai kesetaraan, menghargai perbedaan, cinta keadilan, perdamaian, dan kemanusiaan, serta mampu mengelola perbedaan menjadi kekuatan bersama untuk kebaikan bersama," kata Sarbin.

Oleh karena itu, menurut dia, orangtua harus bersikap moderat dan mampu menanamkan karakter moderat kepada anak. "Orang tua harus memberi teladan lewat pikiran, sikap, dan tindakan yang moderat kepada anak agar proses pembentukan karakter moderat dalam diri anak dapat terinternalisasi dengan baik sehingga bisa menjadi pegangan dan gaya hidup anak sejak dini," kata dia.

Sarbin Sehe menambahkan, salah satu metode sederhana yang perlu diterapkan dalam membangun karakter moderat pada anak adalah melalui menerima dan menghargai perbedaan dalam keluarga. "Berikan penguatan moderasi beragama kepada anak dengan menerapkan gerakan mencintai dan menghargai perbedaan dan kearifan lokal dalam keluarga," kata dia.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement