Rabu 24 May 2023 18:26 WIB

Hapal 30 Juz Alquran Bisa Kuliah Gratis di Universitas Muhammadiyah Jakarta

Universitas Muhammadiyah Jakarta mengapresiasi penghapal Alquran.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Erdy Nasrul
Kegiatan di Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Foto: dokpri
Kegiatan di Universitas Muhammadiyah Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Dr Ma'mun Murod Al-Barbasy, M.Si, memastikan akan ada penghargaan bagi mahasiswa yang berprestasi di luar kampus. UMJ baru saja memberikan penghargaan kepada lima mahasiswanya yang meraih medali di ajang SEA Games 2023 Kamboja, Rabu (24/5/2023). Hadiah yang diberikan berupa uang tunai Rp 3 juta dan beasiswa perkuliahan S-1.

Mahasiswa penerima penghargaan tersebut antara lain Wahyu Setiawan, Yazid Hanif, Riana Oktavia, Alfadhila Ramadhan dan Muhammad Ferarri. Mereka sukses mengharumkan nama Indonesia dengan membawa pulang medali dari event olahraga dua tahunan tersebut. Ma'mun mengatakan, universitas turut bangga dengan prestasi yang mereka raih dan dengan senang hati memberikan penghargaan kepada para mahasiswanya. 

Baca Juga

Di sisi lain Ma'mun menegaskan, penghargaan takkan hanya diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga saja, tapi juga di bidang lain khususnya yang berkaitan dengan akademik. "Beasiswa bukan hanya untuk atlet. Ada beasiswa prestasi, dan tentu kalau bicara universitas maka core-nya adalah di bidang akademik," kata Ma'mun kepada Republika, Rabu (24/5/2023).

"Kita juga memberikan penghargaan untuk mereka yang misalnya juara di perlombaan penelitian misalnya. Hafidz Quran juga kira berikan penghargaan, kalau bisa hapal 30 juz itu bebas kuliah, bahkan punya kesempatan masuk ke fakultas kedokteran, fakultas mahal. Tapi, ya, kuotanya hanya dua, nanti akan kita seleksi," ujarnya. 

Untuk terus menelurkan mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi pihaknya terus menjalin kerja sama dengan sekolah-sekolah menengah karena bibit yang didapat UMJ tentunya sudah berproses dari masa SMA. "Ini dilakukan lebih jauh oleh UMJ untuk menjalin hubungan yang baik dengan SMA-SMA yang ada," kata Ma'mun.

Alfadhila yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Cabor menjadi peraih perak pertama di nomor Bokator tunggal. Yazid, mahasiswa Pendidikan Olaraga UMJ, menyumbangkan medali perak pada nomor Bokator Tunggal dan Emas nomor Bokator Ganda. Kemudian Riana, Mahasiswa Ilmu Politik UMJ meraih perunggu pada nomor Tunggal dan emas dari nomor beregu. 

Di cabor atletik, Wahyu Setiawan yang merupakan mahasiswa Pendidikan Olahraga UMJ berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia. Terakhir, di cabang olahraga sepak bola, Ferrari dkk berhasil mengakhiri puasa gelar selama 32 tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement