Selasa 16 May 2023 18:02 WIB

Ulama Madura Mimpikan Habib Bahar: Dia Ikhlas Tapi Salah Cara Dakwah

Habib Bahar melaporkan penembakan atas dirinya ke kepolisian

Rep: Andrian Saputra, Shabrina Zakaria  / Red: Nashih Nashrullah
Habib Bahar bin Smith. Habib Bahar melaporkan penembakan atas dirinya ke kepolisian
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Habib Bahar bin Smith. Habib Bahar melaporkan penembakan atas dirinya ke kepolisian

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar dua pekan sebelum terjadinya penembakan terhadap Habib Bahar bin Smith oleh orang tak dikenal, seorang kiai asal Madura memberikan nasihat untuk Habib Bahar, nasihat itu sesuai mimpi yang dialaminya, yang isinya agar Habib Bahar memperbaiki cara dakwahnya. Sebab selama ini cara Habib Bahar dalam memperjuangkan agama dinilai salah. 

Tokoh yang dimaksud adalah KH Abdul Hannan Al Ihsan yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Al Ihsan Sendang Dajah, Kecamatan Lebang, Bangkalan, Jawa Timur. 

Baca Juga

Video Kiai Hannan yang membeberkan isi mimpinya itu viral dan telah diunggah di berbagai platform media seperti di Tiktok oleh akun @imam_22091993 dan di YouTube salah satunya oleh kanal Ceko Official dengan Judul Mimpi Dzuriyah Walisongo Kiai Hannan Madura Tentang Habib Bahar. 

Dalam video itu, kiai Hannan mengaku bermimpi mendapat pesan dari seseorang untuk disampaikan kepada HBS. 

 

Mimpi itu terjadi pada 1 Mei 2023 malam. Dia menyebutkan bahwa Habib Bahar adalah orang ikhlas tetapi telah salah cara dalam memperjuangkan agama.   

"Habib Bakar dikatakan oleh beliau, saya tidak bisa menyebutkan namanya nanti saja kalau ketemu Habib Bahar, Habib Bahar adalah seorang pemuda yang ikhlas luar biasa di dalam memperjuangkan agama Islam bahkan tidak ada yang menyamai keikhlasan beliau. Tetapi beliau telah salah cara," kata Kiai Hannan. 

Baca juga: 7 Daftar Kontroversi Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun yang tak Pernah Tersentuh

Selain itu, Kiai Hannan mengatakan bahwa dia diminta untuk mengubah cara Habib Bahar berdakwah memperjuangkan agama. Sebab cara yang salah yang diterapkan Habib Bahar dalam berdakwah juga membuat orang-orang yang mengikuti Habib Bahar salah cara dalam memperjuangkan agama. 

Lebih lanjut Kiai Hannan menjelaskan bahwa berdasarkan mimpinya, Habib Bahar tengah didera kesedihan yang dalam. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement