Senin 08 May 2023 16:29 WIB

Soal Salam Yahudi di Pesantren Al Zaytun, Ini Klarifikasi Lucky Hakim

Lucky Hakim memberikan klarifikasi soal salam Yahudi Israel di Pesantren Al Zaytun.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Mantan bupati Indramayu Lucky Hakim saat diajak Panji Gumilang mengucapkan salam khas Yahudi Israel di Pesantren Al Zaytun tahun lalu.
Foto: Tangkapan layar akun youtube Arek Pati
Mantan bupati Indramayu Lucky Hakim saat diajak Panji Gumilang mengucapkan salam khas Yahudi Israel di Pesantren Al Zaytun tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Aktris yang juga Mantan Wakil Bupati Indramayu, Lucky Hakim mengklarifikasi keberadaan dirinya yang bersama-sama menyanyikan lagu Havenu Shalom Aleichem yakni lagu yang isinya memuat salam orang-orang Yahudi Israel. Melalui akun Instagram resminya, Lucky Hakim menjawab dalam kolom komentar ndorobei.official yang mengunggah video pimpinan Ma'had Al Zaytun Panji Gumilang yang mengajak orang-orang di Masjid Al Zaytun menyanyikan lagu Havenu Shalom Aleichem.

Dalam klarifikasinya, Lucky Hakim mengatakan keberadaan dirinya di Al Zaytun tersebut sebagai kepala daerah yang diundang ke acara itu. 

Baca Juga

"Itu tahun lalu waktu saya masih jadi kepala daerah di Indramayu dan diundang sebagai kepala daerah. Di dalam pesantren ada tanah garapan pertanian modern dan peternakan modern, selebihnya saya tidak terlalu mendalami kurikulum dan apapun tentang teknis pengajaran. Jadi mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak Al Zaytun bilamana ada yang mau tahu tentang metode dan ajarannya," kata Lucky Hakim.

Diketahui bahwa menyanyikan lagu Havenu Shalom Aleichem yang dilantunkan di Masjid Ma'had Al Zaytun itu terjadi pada peringatan 1 suro atau 1 Muharam tahun 1444 hijriah atau pada 2022. Video itu pun menjadi viral lagi setelah aktivis kemanusiaan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina, Muhammad Husein Gaza mengeluarkan kritik keras terhadap Al Zaytun yang menyanyikan lagu itu. 

Muhammad Husen Gaza memastikan bahwa Havenu Shalom Aleichem adalah dari bahasa Ibrani. Dan itu merupakan lagu dan salam yang dinyanyikan oleh orang Yahudi Israel. Ia menjelaskan lagu tersebut juga sering diputar di bandara-bandara Israel saat menyambut pemukim ilegal Yahudi saat akan masuk ke Palestina dalam rangka mengikuti operasi pembantaian di Palestina. 

Lebih dari itu, Muhammad Husen Gaza juga menemukan sejumlah video para santri Al Zaytun yang menari dan menyanyi dengan latar lagu-lagu Israel. Karena itu ia pun bertanya-tanya keterkaitan antara Al Zaytun dengan zionis Israel.

"Nyanyian kebangsaan Yahudi di Masjid, ini bagi saya sudah melampaui level penistaan, ini ngeri banget. Ini gila banget. Ini harus ditindak dan diusut," kata M Husein Gaza dalam kanal Youtube resminya  Muhammad Husein Gaza yang diunggah pada Senin (8/5/2023).

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement