Sabtu 06 May 2023 14:05 WIB

Penobatan Raja Charles III, Harapan Islam di Inggris Raya

Charles kerap memuji Islam dan menentang islamofobia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Raja Charles III dari Inggris. Penobatan Raja Charles III, Harapan Islam di Inggris Raya
Foto:

Menyusul berita kematian Ratu Elizabeth pada 8 September, doa dan khutbah diadakan di seluruh negeri untuk menghormatinya. Khutbah Jumat diadakan di Masjid Pusat Cambridge di mana cendekiawan Islam Abdul Hakim Murad mengulangi dan membacakan beberapa baris dari salah satu pidato Charles.

"Apakah kita monarki atau bukan monarki, peduli tentang ini atau tidak, tidak masalah bahwa di saat meningkatnya Islamofobia ada beberapa orang yang ingin berdiri bersama kita," ucap dia.

Charles pernah dikutip mengatakan, “Islam dapat mengajari kita hari ini cara memahami dan hidup di dunia yang Kristen sendiri lebih miskin karena telah hilang. Inti dari Islam adalah pelestarian pandangan integral tentang alam semesta.”

Pada 2006, di Al-Azhar Mesir selaku universitas terkemuka untuk pengajaran Islam, Pangeran Wales saat menyebut mereka yang tinggal di Barat berutang kepada para cendekiawan Islam. Berkat mereka, selama Abad Kegelapan di Eropa bendaharawan pembelajaran klasik tetap hidup.

Tidak berhenti di situ, komentarnya tentang Islam juga sempat terdengar dalam pidatonya di Universitas Oxford pada 2010. Ia menyebut dunia Islam adalah penjaga salah satu harta terbesar dari akumulasi kebijaksanaan dan pengetahuan spiritual, yang tersedia bagi umat manusia.

Pada saat Islamofobia dan xenofobia sedang meningkat di seluruh Barat, monarki Inggris yang baru berupaya memberdayakan komunitas Muslim, yang mana pendiriannya tak tertandingi oleh tokoh politik Barat lainnya. Charles juga menjadi salah satu dari segelintir orang yang secara terbuka menentang larangan burqa di Eropa dan mengutuk kartun Denmark yang menghina Nabi Muhammad. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement