Jumat 05 May 2023 19:44 WIB

Seribu Muslim Palestina Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Al Aqsa dan Ibrahimi

Sholat berjamaah upaya mengintensifkan kehadiran warga Palestina di masjid.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Muslim Palestina sholat berjamaah di kompleks Masjid Al-Aqsa. Seribu Muslim Palestina Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Al Aqsa dan Ibrahimi
Foto: AP Photo/Mahmoud Illean
Muslim Palestina sholat berjamaah di kompleks Masjid Al-Aqsa. Seribu Muslim Palestina Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Al Aqsa dan Ibrahimi

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Seribuan warga Palestina melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid Al Aqsa dan Ibrahimi yang diberkahi, Jumat (5/5/2023). Langkah ini dilakukan untuk menghadapi penyerbuan pemukim Israel dan skema Yudaisasi ke dua masjid tersebut.

Di momen itu, Masjid Al Aqsa menyaksikan kehadiran tinggi jamaah Palestina yang datang dari Yerusalem yang diduduki, Tepi Barat dan wilayah Palestina yang diduduki pada 1948.

Baca Juga

Di Hebron yang diduduki, ratusan Muslim Palestina juga melakukan sholat subuh di Masjid Ebrahimi. Mereka lantas menegaskan desakan untuk melindungi masjid dari pendudukan Israel dan pelanggaran penjajah.

Dilansir di Days of Palestine, Jumat (5/5/2023), mereka juga menolak kebijakan yang penutupan masjid secara sistematis, melarang adzan, serta mencegah warga Palestina untuk sholat di masjid mereka sendiri.

 

Beberapa hari yang lalu, para aktivis Yerusalem menyerukan partisipasi luas dalam kampanye Great Dawn. Kampanye ini menggaungkan upaya untuk mengintensifkan kehadiran warga Palestina di masjid, sekaligus menggagalkan skema Yudaisasi dan upaya pemukim Israel membaginya secara temporal dan spasial.

Kampanye Great Dawn dimulai untuk pertama kalinya pada November 2022 di masjid Ibrahimi, Hebron, sebagai tanggapan atas serangan berulang kali dan penyerbuan masjid oleh pemukim Israel. Kemudian, kampanye yang sama berpindah ke Masjid Al Aqsa.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement