Selasa 02 May 2023 09:59 WIB

Masjid Madinat al Zahra Raih Penghargaan British Muslim Awards

Masjid Madinat al Zahra menjadi tempat ibadah dan pemberdayaan masyarakat.

Ilustrasi masjid tempat ibadah dan pemberdayaan masyarakat.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi masjid tempat ibadah dan pemberdayaan masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BRADFORD -- Masjid Madinat al Zahra menerima penghargaan Mosque of The Year, dalam acara The British Muslim Awards 2023 di Manchester. Rumah ibadah yang berbasis di Great Horton ini telah beroperasi di Bradford selama lebih dari 20 tahun.

Kegiatan tersebut merupakan acara tahunan yang merayakan pencapaian dan kontribusi umat Islam di berbagai bidang, mulai dari bisnis dan akademisi hingga seni dan pengabdian masyarakat.

Baca Juga

Sejak tahun ke-10 berdiri, Madinat al Zahra disebut berhasil masuk dalam nominasi ini. Untuk pertama kali, akhirnya mereka memenangkan penghargaan ini pada Jumat (28/4/2023).

"Ini adalah pencapaian besar, mengingat berapa banyak masjid lain yang mencalonkan diri untuk penghargaan tersebut," kata Kepala Administrasi masjid, Huzaifa al-Yamani, dikutip di Telegraph & Argus, Selasa (2/5/2023).

Dalam acara tersebut, ia menyebut ada sekitar 400 orang yang hadir dari seluruh Inggris dan berasal dari berbagai sektor. Mereka memiliki berbagai kategori untuk merayakan pencapaian Muslim Inggris.

Kadang kala, Huzaifa menyebut mereka tidak bisa mendengar atau mendapat informasi tentang apa yang dilakukan orang lain. Karena itu, bisa merayakan pencapaian Muslim Inggris di negara tersebut dan apa yang telah mereka lakukan untuk komunitas adalah hal yang menyenangkan.

"Dinominasikan di salah satu kategori utama adalah hal yang sangat besar. Kami memenangkan penghargaan ini didasarkan pada pekerjaan yang telah kami lakukan di masyarakat dan dengan kaum muda," lanjut dia.

Saat ini, ia menyebut masjid tersebut sedang menunggu penyelesaian proyek besar, yang menghasilkan sebuah bangunan di Bartle Lane.

Bangunan baru tersebut akan mencakup masjid besar dengan kompleks pendidikan, pusat komunitas, aula serbaguna untuk olahraga dan pernikahan, serta unit ritel dengan kafe dan fasilitas asrama penuh waktu.

Huzaifa menambahkan proyek pembangunan masjid dan kompleks sekolah ini dibuat dengan tujuan memikirkan generasi masa depan, serta bagaimana masjid diperlukan dalam waktu 10-20 tahun ke depan.

"Kami bekerja dengan orang muda dan orang tua, serta memberikan pemberdayaan perempuan. Semua ini memainkan peran besar dalam memenangkan penghargaan tersebut," ujar dia.

Ia juga menyebut penghargaan yang mereka terima merupakan hal yang sangat besar bagi komunitas setempat. Pihaknya merasa senang dapat mempromosikan Bradford sebanyak mungkin.

"Banyak orang mengatakan ada begitu banyak masjid di Bradford, kenapa harus yang ini? Ini bukan hanya masjid biasa tempat orang datang untuk sholat, ini tentang fasilitasnya," ucap Huzaifa.

Pihaknya disebut terus berusaha tampil menonjol dengan mempromosikan pendidikan, eksklusivitas dan ruang terbuka untuk semua orang. Menurutnya, beginilah seharusnya masjid untuk generasi berikutnya.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement