Ahad 23 Apr 2023 21:42 WIB

Ramuan Madura dan Tradisi Mudik Lebaran dalam Budaya Madura

Mudik lebaran di Madura penuh dengan nuansa kearifan.

Ilustrasi mudik menuju Madura.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ilustrasi mudik menuju Madura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Madura merupakan daerah kepulauan di Jawa Timur. Penduduknya merupakan pengelana ke berbagai kawasan baik dalam maupun luar negeri. Mereka mengaktualisasikan diri, mencari penghasilan. Mereka dikenal gigih dan sungguh-sungguh dalam beraktivitas dengan segala keunikannya.

Banyak orang mengetahui madura dikenal punya ramuan khusus pria. Ada jamu yang diberi label ramuan madura. Artinya di situ ada ramuan khusus khas daerah sana. Secara umum ramuan tradisional Madura menggunakan bahan atau tanaman obat, baik yang masih segar maupun dalam benntuk kering.

Baca Juga

Nah selain ramuan, madur juga masyhur dengan tradisi lebaran khas sana. Mayoritas masyarakat Muslim Madura menjalani Idul Fitri bersamaan dengan ketentuan Pemerintah, Sabtu, 22 April 2023. Meskipun demikian, tidak sedikit juga yang melaksanakan Shalat Id mengikuti Muhammadiyah pada Jumat, 21 April, khususnya di wilayah perkotaan.

Suasana Idul Fitri mulai terasa pada malam hari, dimana hampir seluruh masjid atau mushalla mengumandangkan takbir menggunakan pelantang suara. Bahkan, beberapa rumah juga mengumandangkan lantunan takbir menggunakan salon ditingkahi musik pengiring.

 

Lantunan takbir dari berbagai tempat itu juga dimeriahkan dengan suara petasan saling bersahutan.

Liputan khusus ke Madura

Lihat halaman berikut...

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement