Kamis 20 Apr 2023 13:50 WIB

Jamaah Masjid Agung Indramayu Gelar Sholat Gerhana Matahari

Khatib mengajak jamaah selalu tunduk dan merendahkan diri kepada Allah SWT.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah Masjid Agung Indramayu menggelar shalat sunah gerhana matahari atau kusuf, Kamis (20/4/2023). Jamaah Masjid Agung Indramayu Gelar Sholat Gerhana Matahari
Foto: Republika/Lilis Sri Handayan
Jamaah Masjid Agung Indramayu menggelar shalat sunah gerhana matahari atau kusuf, Kamis (20/4/2023). Jamaah Masjid Agung Indramayu Gelar Sholat Gerhana Matahari

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Jamaah Masjid Agung Indramayu menggelar shalat sunah gerhana matahari atau kusuf, Kamis (20/4/2023). Pelaksanaan sholat sunah di tengah suasana Ramadhan itupun berlangsung dengan khusyuk.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pelaksanaan sholat sunah gerhana matahari dipimpin oleh imam, Ustadz Marzuki. Selesai solat, kemudian dilanjutkan dengan khutbah gerhana yang disampaikan oleh Ketua DKM Masjid Agung Indramayu, Aan Fathul Anwar.

Baca Juga

Dalam khutbahnya, khatib mengajak jamaah untuk selalu tunduk dan merendahkan diri kepada Allah SWT. Dia mengatakan, seluruh semesta alam, termasuk terjadinya gerhana matahari, merupakan salah satu tanda kebesaran Allah SWT.

"Dialah Allah SWT yang Maha Besar, Maha Agung, Maha Mulia, Maha Tinggi, yang menjadikan adanya gerhana matahari dan bulan. Kita wajib meyakini, patuh dan taat kepada Allah SWT," kata Aan.

Aan pun mengajak jamaah untuk berdoa, memohon perlindungan Allah SWT, agar menjauhkan segala macam keburukan dan musibah. Jamaah pun hendaknya senantiasa meningkatkan amal ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT.

Sementara itu, salah seorang jamaah yang mengikuti sholat sunah gerhana matahari, Fajar, mengaku sangat antusias bisa mengalami fenomena gerhana matahari di bulan suci Ramadhan. Dia mengatakan fenomena tersebut merupakan hal yang sangat langka.

"Alhamdulillah, ini momen yang sangat istimewa. Semoga menambah kebaikan dan keberkahan di bulan suci Ramadhan ini," kata Fajar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement