Rabu 19 Apr 2023 22:38 WIB

BWA Salurkan 350 Paket Sedekah kepada Dhuafa dan Mualaf di Pelosok

Paket itu disalurkan ke Sintang, Ketapang, Pinrang, Lhokseumawe dan Aceh Besar

Tahun ini BWA menyalurkan 350 paket sembako  kepada dhuafa dan mualaf di beberapa lokasi, meliputi Kecamatan Aceh Besar dan Kota Lhokseumawe, Kecamatan Ketapang dan Sintang di Kalimantan Barat, serta  pedalaman Kabubaten Pinrang, Sulawesi Selatan.
Foto: Dok BWA
Tahun ini BWA menyalurkan 350 paket sembako kepada dhuafa dan mualaf di beberapa lokasi, meliputi Kecamatan Aceh Besar dan Kota Lhokseumawe, Kecamatan Ketapang dan Sintang di Kalimantan Barat, serta pedalaman Kabubaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada Ramadhan tahun ini Badan Wakaf Alquran (BWA) kembali menyalurkan paket sembako melalui program Tebar Sedekah Ramadhan. Kegiatan itu rutin dilakukan oleh BWA sejak Ramadahan tahun lalu.

Dalam pendistribusian di tahun ini BWA melibatkan banyak da’i daerah untuk menyalurkan paket sembako kepada para dhuafa di pelosok desa/kampung. Adapun setiap dari paket sembako yang disalurkan terdiri dari 3 kg beras, 5 pcs mie instan, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng, dan biskuit.

Baca Juga

“Kami menyiapkan 350 paket sembako yang kami sebar kepada dhuafa dan mualaf di beberapa lokasi, meliputi Kecamatan Aceh Besar dan Kota Lhokseumawe, Kecamatan Ketapang dan Sintang di Kalimantan Barat, dan terakhir di pedalaman Kabubaten Pinrang, Sulawesi Selatan,” kata Novi Wahyudi selaku penanggung jawab program Sembako Ramadhan tahun ini melalui rilis, Rabu (19/4/2023).

Tantangan yang dihadapi tim da’i pedalaman  cukup berat, dimana mereka harus melewati jalur sungai yang harus menaiki perahu untuk menuju lokasi. Terkadang mereka juga harus menggunakan sepeda motor sebab akses jalan yang harus mereka tuju tak bisa dijangkau dengan kendaraan roda empat karena berlokasi di tengah hutan.

 

 

 

“Alhamdulillah, para mualaf sangat bahagia sekali. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya sembako Ramadhan seperti ini. Kami dari tim  da’i   pedalaman mewakili mualaf di Pedalaman Sintang mengucapkan terima  kasih sebesar-besarnya kepada BWA. Semoga Allah SWT senatiasa memudahkan jalan kita untuk mengurus para mualaf,” ujar da’i Pedalaman Sintang.

Sebanyak 100 paket sembako juga tersalurkan kepada dhuafa yang tinggal di Kecatan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, yang terbagi di tiga kampung. Para dhuafa di kampung tersebut  merasa amat senang dan terbantu sekali atas apa yang telah mereka terima.

Serupa dengan tim da’i  di Pedalaman Sintang dan Ketapang, hal yang sama juga dialami tim da’i yang ada di pedalaman Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Untuk menyalurkan bantuan mereka menggunakan tiga sepeda motor yang dilengkapi tas tambahan agar 50 paket sembako dapat tersalurkan kepada dhuafa dan mualaf di kampung yang letaknya ada di pedalaman. 

Kondisi jalan yang berbukit dan dan berlumpur sehabis hujan semalam menjadikan tim mengalami kesulitan untuk melaju cepat. Beberapa kali tim harus bahu membahu mendorong kendaraan agar terbebas dari lumpur. Alhamdulillah setelah melewati itu semua tim tiba di lokasi yang dituju.

Dibantu relawan Komite Peduli Muslim Pedalaman, paket sembako telah dilasurkan di beberapa desa yang ada di pedalaman Sintang, meliputi Desa Benua Baru, Desa Pudau Bersatu, Desa Mangkurat Baru, dan Desa Tinum yang keseluruhannya masuk ke dalam Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang. Keseluruhan penerima manfaat peket sembako merupakan Dhuafa dan Mualaf dari suku Dayak pedalaman.

Kami tidak melihat dari banyaknya isi paket, akan tetapi bentuk kepedulian BWA yang kami lihat, semoga semua kebaikan diterima Allah SWT,” tutur penerima bantuan di pedalaman Pinrang.

 

 

 

Sebanyak 100 paket Sedekah Ramadhan juga tersalurkan kepada para dhuafa yang tinggal di sekitar Aceh Besar hingga Lhokseumawe. Penyaluran bantuan terbagi menjadi beberapa titik meliputi Desa Tumpok Teungoh, Desa Batupath Timur, Desa Uteunkot, dan Desa Meunasah yang dimana kelima desa ini masuk kedalam di Kota Lhokseumawe. Ditambah satu desa yang ada di Kabupaten Aceh Utara, yakni Desa Paya Dua.

"Dibantu tim da’i lapangan BWA, keseluruhan paket bantuan diterima para dhuafa dengan suka cita. Ada yang bahagia dan juga haru hingga tak bisa banyak berkata-kata. “Kami mengucapkan terima kasih banyak atas bantuannya, semoga berkah atas BWA dan dilimpahkan rezeki,” tutur seorang penerima manfaat yang tak kuasa menahan haru. 

Tak lupa ia  ucapkan terima  ksih kepada para da’i yang ada di pedalaman atas kontribusi dalam menyalurkan paket Sedekah Ramadhan dari BWA pada Ramadhan tahun ini. “Kami doakan semoga setiap tetes keringat dan tenaga yang keluar Allah SWT hitung sebagai amal kebaikan dan menjadi ganjaran pahala yang berlipat ganda,” ujarnya. 

Novi Wahyudi mengemukakan, insya Allah, penyaluran Paket Sedekah Ramadhan tidak terhenti hingga di Ramadhan tahun ini. “Hal serupa akan terus kami lakukan pada Ramadhan-Ramadhan selanjutnya. Maka dari itu kami masih membuka peluang kepada sahabat sekalian untuk menitipkan sedekah terbaiknya di BWA, untuk kami salurkan kembali menjadi paket sembako kepada dhuafa dan mualaf di pelosok desa. Semoga niat baik kita tercatat menjadi amal saleh di sisi Allah SWT, aamiin,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement