Selasa 18 Apr 2023 17:08 WIB

Yakinkan Donatur, Laznas PYI Ikuti Audit Sertifikasi ISO 9001:2015

Wujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan zakat

PYI Yatim dan Zakat baru-baru ini menjalani audit sertifikasi ISO 9001:2015
Foto: Istimewa
PYI Yatim dan Zakat baru-baru ini menjalani audit sertifikasi ISO 9001:2015

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) PYI Yatim dan Zakat baru-baru ini menjalani audit sertifikasi ISO 9001:2015 oleh British Standardization International (BSI) dalam dua tahap. Audit tersebut dilaksanakan pada bulan Maret dan April di Kantor Manajemen Laz PYI yang berlokasi di Jalan Holis no. 6, Kelurahan Cibuntu, Kota Bandung.

photo
audit sertifikasi ISO 9001:2015 oleh British Standardization International (BSI) - (Istimewa)

Tujuan dari audit ini adalah untuk memastikan bahwa Laznas PYI telah memenuhi standar internasional untuk manajemen mutu. Menurut Ketua Tim Auditor BSI Eko Purwanto, audit ISO 9001:2015 dilakukan untuk memastikan bahwa Laznas PYI telah memenuhi standar internasional untuk manajemen mutu.

Audit tersebut mencakup pemeriksaan dokumen, penilaian kinerja organisasi, serta verifikasi implementasi sistem manajemen mutu yang telah dikembangkan. Standar internasional ini memberikan kerangka kerja untuk pengelolaan organisasi yang efektif dan efisien, termasuk manajemen risiko, peningkatan proses, dan pengukuran kepuasan pelanggan.

Dalam hal ini, Laznas PYI berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan manajemen dalam pengelolaan zakat melalui implementasi standar ISO 9001:2015. Saat ini, kata Eko, Laznas PYI masih menunggu hasil audit ISO 9001:2015 yang telah dilakukan oleh BSI. Audit ini merupakan bagian dari upaya PYI untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan manajemen dalam pengelolaan zakat.

Menurut Direktur Laznas PYI T Irawan, audit ini diharapkan dapat membantu Laznas PYI dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan zakat. ‘’Diharapkan hasil audit ISO 9001:2015 dapat meningkatkan kinerja dan kepercayaan masyarakat terhadap Laznas PYI,’’ ujarnya.

Ketua Yayasan PYI Yatim dan Zakat Muhammad Alwi Permana menyatakan, dengan pelaksanaan audit ISO 9001:2015 ini, Laznas PYI dapat meningkatkan kualitas tata kelola manajemen dalam pengelolaan zakat. Selain itu, sambung dia, akan memberikan transparansi dan akuntabilitas yang lebih baik.

Ia berharap, dengan pelaksanaan audit ISO 9001:2015 ini, tata kelola manajemen Laznas PYI Yatim dan Zakat terus meningkat ke arah yang lebih baik, dan berdampak positif pada kualitas kinerja terbaik dalam penghimpunan dan penyaluran zakat.

Bagi yang ingin berzakat melalui Laznas PYI Yatim dan Zakat, dapat mengunjungi situs Donasiku Gaya Hidupku - I Love Zakat untuk melakukan pembayaran zakat fitrah dengan mudah dan praktis di https://pantiyatim.or.id/l/ramadhan/

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement