Ahad 16 Apr 2023 00:07 WIB

Nuzul Quran Momentum Tingkatkan Keimanan

Nuzulul Quran menjadi peringatan umat Islam.

Ilustrasi nuzulul quran.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi nuzulul quran.

REPUBLIKA.CO.ID,  MEULABOH -- Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat Marhaban mengajak masyarakat Muslim di daerahnya agar meningkatkan keimanan melalui momentum Peringatan Nuzul Quran di bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Nuzul Quran ini adalah wujud syiar Islam, sekaligus momentum untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan Rasul-Nya," ujar Sekda Marhaban dalam keterangannya di Meulaboh, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga

Hal ini ia sampaikan saat menghadiri Peringatan Nuzul Quran di Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh, Aceh Barat.

Menurutnya, Alquran dan keteladanan Rasulullah SAW patut menjadi contoh dan pedoman bagi Pemerintah dan para pemangku kepentingan, dalam menjalankan roda pemerintahan, untuk mendorong percepatan pembangunan dan kemajuan daerah.

 

Momentum ini juga mendorong pemerintah daerah agar terus mengatasi persoalan yang menjadi isu prioritas nasional, seperti pengendalian inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem, hingga melaksanakan pemantapan nilai-nilai syariat islam.

"Dahulu, Rasulullah SAW mengilhami nilai-nilai kandungan Alquran untuk mentransformasi bangsa Arab menjadi sebuah bangsa beradab dan berkemajuan. Hal ini harus bisa kita contoh dan terapkan dalam pemerintahan daerah," ujar Marhaban.

Ia juga mengajak kaum Muslimin di Aceh Barat, agar menjadikan momentum peringatan Nuzulul Quran ini sebagai sarana introspeksi diri, sekaligus terus mengisi hari-hari dalam bulan suci Ramadhan dengan meningkatkan amaliah seperti tadarus Alquran, itikaf, maupun dengan membayar zakat, infaq dan sadaqah kepada yang berhak menerimanya.

"Marilah kita memohon seraya memanjatkan doa kepada Allah SWT, agar peringatan Nuzulul Quran tahun ini akan membawa hikmah besar bagi kita semua, sekaligus menjadikan diri kita sebagai pribadi yang semakin baik melalui peningkatan kualitas ibadah, serta menjadikan hati semakin dekat dengan Allah SWT," kata Marhaban.

Peringatan Nuzulul Quran tingkat Kabupaten Aceh Barat, merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Aceh Barat dalam rangka mengenang kembali peristiwa bersejarah umat Islam.

Momentum Nuzul Quran merupakan peristiwa Allah SWT menurunkan ayat suci Alquran sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW, melalui malaikat Jibril pada malam ke-17 bulan Ramadhan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi seluruh alam.

Turunnya Alquran merupakan mukjizat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia, khususnya kepada umat islam, sebagai kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Rasulullah SAW, yang mengandung pedoman rahmatan lil alamin, sumber segala ilmu pengetahuan, serta mampu membimbing manusia menjadi pribadi yang lebih baik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement