Jumat 14 Apr 2023 23:57 WIB

Wapres Minta Masjid Dioptimalkan untuk Bangun Masyarakat

Kiai Ma'ruf mengatakan, masjid tidak hanya sebagai tempat beribadah saja

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wakil Presiden Maruf Amin saat mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Gorontalo, Jumat (14/4/2023).
Foto: Dok.BPMI/Setwapres
Wakil Presiden Maruf Amin saat mengukuhkan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Gorontalo, Jumat (14/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta peran masjid dioptimalkan untuk membangun masyarakat. Kiai Ma'ruf mengatakan, masjid tidak hanya sebagai tempat beribadah saja tetapi juga untuk menyebarkan kebaikan.

"Memang kan masjid itu tempat pembinaan, tempat ibadah, tempat juga membangun masyarakat, kemudian juga menyebarkan kebaikan-kebaikan," ujar Ma'ruf dalam keterangannya di Gorontalo, Jumat (14/4/2023).

Ma'ruf mengatakan, keberadaan masjid sejak zaman Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam tidak hanya berfungsi sebagai sarana prasarana kegiatan ibadah saja, namun juga berbagai kegiatan dakwah, pendidikan dan kegiatan sosial lainnya.

Ma’ruf pun mendorong berbagai kegiatan di Masjid yang diharapkan dapat memberikan manfaat khususnya dalam membina masyarakat sekitarnya.

Wapres menambahkan, apabila sebuah masjid dibangun berdasarkan ketaqwaan umat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, maka masjid tersebut haruslah bermanfaat untuk masyarakat luas.

"Masjid itu kan dibangun di atas takwa menjalankan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya, pembangunan itu akan punya nilai keagamaan yang tinggi. Ini saya kira baik sekali dan masjid akan memberikan pengaruh besar kepada seluruh masyarakat," tambah Wapres.

Untuk itu, dia meminta agar masjid harus dapat memberikan manfaat dan kebaikan bagi daerah sekitarnya. Karena itu, dia berharap jangan sampai ada sejengkal tanah pun yang lepas dari pengaruh Masjid.

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar pengurus masjid, dalam mengedukasi masyarakat harus inklusif melibatkan masyarakat dan tidak pasif menunggu partisipasi orang lain.

"Masjid itu juga (perlu) menjemput bola luar, mengedukasi masyarakat tidak hanya dari masjid tapi masjid juga ikut membangun paling tidak di sekitar wilayah masjid itu," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement