Jumat 07 Apr 2023 16:34 WIB

Di Acara Ekspresi Baznas, Najwa Shihab Ajak Anak Muda Tingkatkan Keterampilan

Najwa ajak milenial untuk berintegritas, inovatif dan memiliki kesadaran yang tinggi

Jurnalis senior Najwa Shihab mengajak  generasi milenial untuk terus meningkatkan kemampuan diri agar tetap survive di era society 5.0, saat mengisi acara di Pesantren Kilat Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi) Baznas, Jumat (7/4/2023).
Foto: dok Baznas
Jurnalis senior Najwa Shihab mengajak generasi milenial untuk terus meningkatkan kemampuan diri agar tetap survive di era society 5.0, saat mengisi acara di Pesantren Kilat Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi) Baznas, Jumat (7/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jurnalis senior Najwa Shihab mengajak  generasi milenial untuk terus meningkatkan kemampuan diri agar tetap survive di era society 5.0, saat mengisi acara di Pesantren Kilat Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi) Baznas, Jumat (7/4/2023).

Pesantren Kilat Ekspresi BAZNAS yang diikuti oleh 300 siswa-siswi dari berbagai sekolah dan pesantren di Jabodetabek yang rata-rata merupakan anak muzaki.

Di hari kedua Pesantren Kilat Ramadhan 2023, Najwa Shihab dipilih menjadi salah seorang pembicara di hadapan para peserta yang merupakan generasi milenial. 

Menurutnya, kemajuan teknologi yang begitu pesat, menuntut semua orang khusus generasi milenial, untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman. 

Di sela memberikan materinya, Najwa Shihab mengatakan, di Era Society 5.0 manusia dituntut untuk bisa terus meningkatkan skil dan memperbaharui keterampilan, hal itulah yang bisa membuat kita terus relevan dan terus hidup. 

"Kita tidak bisa melawan teknologi ataupun ilmu pengetahuan yang bisa kita lakukan adalah kita harus punya daya saing dan ketelaten untuk terus belajar hal yang baru," ucap Najwa. 

Menurut Najwa, terdapat beberapa kompetensi masa depan untuk bisa survive, di antaranya, generasi milenial harus berorientasi pada tindakan, harus berintegritas, inovatif, memiliki kesadaran yang tinggi, reflektif, mandiri, cerdas, serta selalu berkolaborasi. 

Pada kesempatan yang sama, Najwa Shihab mengajak para peserta untuk tidak minder dalam menjadi beda, "Gunakan kesempatan menjadi berbeda dan sedikit ini untuk kenal dengan diri sendiri. Semakin kita kenal dengan diri kita sendiri, semakin kita tahu kapasitas diri sendiri sehingga bisa membuat kita memperbaiki diri," ujar Najwa. 

Teknologi mengubah berbagai aspek kehidupan. Semakin ke depan akan semakin banyak teknologi masuk dalam kehidupan. Tugas kita harus bisa mengambil manfaat dari perubahan terjadi, kata Najwa. 

"Teknologi akan mengubah banyak hal, jika kita tidak ikut menyesuaikan diri, maka kita akan ditinggal dan tidak akan berguna," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement