Rabu 05 Apr 2023 04:46 WIB

Allah Menciptakan Alquran Jauh Sebelum Manusia, Untuk Apa?

KH Ahsin Sakho menjelaskan Alquran merupakan kitab suci.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Erdy Nasrul
Pakar ulumul quran Dr KH Ahsin Sakho Muhammad.
Foto: istimewa
Pakar ulumul quran Dr KH Ahsin Sakho Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah bulannya Alquran, bulan di mana Allah SWT menurunkan Alquran pertama kali di bulan ini. Namun jauh sebelum manusia diciptakan, nyatanya Allah telah menyiapkan Alquran di Lauhul Mahfudz, untuk apa?

"Sebenarnya Allah SWT telah menciptakan dan menyiapkan Alquran jauh sebelum menciptakan manusia. Jadi Alquran itu disimpan di Lauhul Mahfudz sebelum akhirnya diturunkan melalui Rasulullah," kata Kiai Ahsin dalam kajian live streaming di Ahsin Sakho Center, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga

Kiai Ahsin menjelaskan bahwa tujuan Allah menyiapkan Alquran untuk diturunkan melalui Rasulullah sebagai Nabi terakhir, agama terakhir, dan juga kepada umat terakhir adalah sebagai petunjuk (hidayah) kepada seluruh umat manusia. Agar manusia selamat melalui berbagai macam cobaan hidup di dunia.

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Al Isra penggalan ayat 9, "Inna hadzal qurana yahdi lillati hiya aqwam,". Yang artinya, "Sesungguhnya Alquran memberi petunjuk kepada jalan yang lebih lurus,".

Untuk itu, kata Kiai Ahsin, momentum bulan Ramadhan sudah seyogyanya dijadikan ajang untuk memperkuat ibadah dalam rangka meningkatkan ketakwaan. Terlebih untuk membaca dan mentadabburi Alquran. Sebab Ramadhan adalah bulannya Alquran.

"Selain bulan Alquran, Ramadhan juga dikenal sebagai syahrusshabr (bulan kesabaran). Mengapa demikian? Karena di bulan ini umat Islam diuji kesabarannya, baik dari emosi maupun lapar dahaga," ujar beliau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement